Indeks Logistik RI Anjlok, Kadin: Jangan Samakan dengan Singapura

Nadya Zahira
20 Juli 2023, 14:42
Sejumlah pekerja melakukan proses pemindahan Ship to Shore (STS) crane dari kapal ke Terminal Peti Kemas usai diresmikan di Pelabuhan Petikemas Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4/2023). Sebagai upaya persiapan Batam sebagai hub logistik intern
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/nz
Sejumlah pekerja melakukan proses pemindahan Ship to Shore (STS) crane dari kapal ke Terminal Peti Kemas usai diresmikan di Pelabuhan Petikemas Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4/2023). Sebagai upaya persiapan Batam sebagai hub logistik internasional serta meningkatkan kecepatan proses pelayanan bongkar muat, Badan Pengusahaan (BP) Batam mendatangkan satu unit STS crane baru dari Korea Selatan.

Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia menyampaikan hasil hitungan Bank Dunia soal Logistics Performance Index atau LPI Indonesia turun. Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin Indonesia Akbar Djohan menyebutkan, posisi Indonesia turun 17 peringkat dari sebelumnya 46 di 2018 menjadi 63 di 2023. 

Akbar menuturkan, pihaknya terkejut melihat hasil penurunan tersebut, padahal menurut laporan dari Unitee Nations Conference on Trade and Development atau UNCTAD menyebut bahwa performa pelabuhan Indonesia termasuk 20 besar terbaik di dunia. 

“Hasil penurunannya memang cukup mengejutkan, karena di saat yang sama UNCTAD membeberkan bahwa pelabuhan kita masuk pelabuhan terbaik, tapi di satu sisi terjadi penurunan rangking," ujar Akbar, saat ditemui di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Kamis (19/7). 

Disisi lain, dia menilai Indonesia adalah negara dengan pengiriman tujuan akhir atau final destination. Dengan demikian, sistem logistiknya tidak bisa dibandingkan dengan Singapura yang hanya menjadi transit pengiriman. 

Oleh sebab itu Akbar mengatakan, pengukuran LPI seharusnya tidak hanya diukur dari soal kecepatan, melainkan juga harus diukur dengan aspek negara kepulauannya. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...