Bandara Rokot Mentawai Siap Beroperasi, Bidik Wisatawan Surfing

Tia Dwitiani Komalasari
14 Agustus 2023, 09:08
Bandara Baru Rokot Mentawai
Kementerian Perhubungan
Bandara Baru Rokot Mentawai

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat, , Minggu (13/8). Bandara yang merupakan salah satu pulau di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP) tersebut rampung dibangun dan siap beroperasi tahun in.

Bandara Rokot Mentawai dibangun untuk menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi, karena dibatasi laut lepas.

“Saya menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3TP seperti Mentawai terjaga dengan baik. Saya sudah 3 kali datang ke sini dari sebelum dibangun, sedang dibangun, dan sekarang ini, untuk mengawal ini dengan maksimal,” ujar Menhub.

Budi mengatakan, Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara. Bandara baru ini siap dioperasikan tahun ini.

“Kemungkinan bulan depan bapak Presiden akan datang ke sini," ucap Budi.

Bidik Wisatawan Surfing

Bandara Mentawai yang baru memiliki panjang runway 1.500 x 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang. Sebelumnya, bandara yang lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...