Informasi Penting Traveling Terkait Wabah Virus Corona

Traveling menjadi salah satu aktivitas yang paling besar terdampak akibat virus Corona. Akibatnya banyak yang harus menunda perjalanannya.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 Maret 2020, 12:25
Pegipegi
dok. Pegipegi

Setidaknya ada 156 negara (per 17 Maret 2020) dengan ribuan kasus dan kematian di dalamnya terjadi akibat virus novel coronavirus atau covid-19.

Traveling menjadi salah satu aktivitas yang paling besar terdampak akibat virus Corona. Berbagai negara, seperti Italia dan Spanyol hingga beberapa kota di Amerika Serikat sudah menerapkan lockdown atau penutupan akses keluar-masuk warganya untuk meminimalisir penularan virus.

Akibatnya banyak yang harus menunda perjalanannya. Bagi pelanggan Pegipegi yang ingin merencanakan ulang perjalanan bisa mengecek ke link berikut:

Tips untuk Para Travelers yang Harus Bepergian di Masa Penyebaran Covid-19:

  • Jaga selalu kesehatan. Bekali diri dengan masker hingga hand sanitizer
  • Pastikan kamu membaca dengan jelas aturan yang berlaku sebelum membeli tiket. Kebijakan pengembalian dana (refund) mengikuti kebijakan tiap maskapai maupun manajemen hotel terkait.
  • Perhatikan dan pahami dengan jelas rute penerbangan dan tujuan destinasi di masa penyebaran virus Corona.
  • Jika kamu berencana traveling ke luar negeri dan tidak nyaman dengan pilihannya, pertimbangkan untuk mengubah tujuan destinasi.

Bagaimana Jika Sudah Memesan Hotel dan Tiket Pesawat?

  • Datang dan cek langsung perihal saran bepergian yang berlaku untuk semua penumpang di bandara terdekat di wilayahmu. Karena, dengan kondisi seperti sekarang maka keamanan di bandara akan jauh lebih ketat dan memakan waktu lebih lama untuk pemeriksaan.
  • Tetap update dengan informasi terkini soal saran perjalanan, kabar terkini soal COVID-19 dan waktu perjalanan yang cocok kamu lakukan.
  • Jika kamu ingin ingin tetap terbang dengan rute alternatif, silahkan hubungi Customer Service Pegipegi di 0804 1400 777 atau email ke [email protected]. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman FAQ Pegipegi.

Untuk yang ingin mengubah rencana perjalanan, Anda nggak perlu risau. Pengubahan atau pembatalan dan tiket penerbangan internasional dan hotel yang sudah dibeli bisa dilakukan dengan fitur Online Refund di aplikasi Pegipegi.

Untuk refund tiket pesawat dengan rute internasional, Anda hanya perlu masuk ke akun Pegipegi untuk mengakses fitur ini. Pada menu pesanan di halaman utama, ada tombol “Refund” yang bisa kamu pilih jika ingin membatalkan tiket pesawat.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengisi formulir refund dengan mengikuti petunjuk yang tertera di aplikasi. Jika sudah, Anda tinggal tunggu pengembalian dana melalui rekening bank yang didaftarkan. Proses pengembalian dana dapat berlangsung secepat-cepatnya 30 hari kerja sejak pengajuan pengembalian dana diterima.

Untuk hotel, bisa mengajukan refund dengan cara yang sangat mudah. Silahkan ajukan pembatalan pesanan melalui Customer Service Pegipegi di 0804 1400 777 atau email ke [email protected]  Tapi yang harus diingat, setiap pengajuan refund harus melalui persetujuan hotel terkait, ya. Kalau pengajuan refund disetujui, tetap ada kebijakan hotel yang berlaku untuk pembatalan transaksi. Ada yang menerapkan biaya tambahan, ada pula yang tidak.

Pegipegi akan melakukan konfirmasi melalui telepon atau email untuk setiap proses pengembalian dana. Jika saat konfirmasi Pegipegi tidak mendapatkan jawaban melalui telepon, maka kamu dianggap setuju untuk melanjutkan proses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Ikuti terus perkembangan Covid-19 di situs-situs resmi.

“Dikutip dari Travel Blog Pegipegi”

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait