Sivia Azizah, Fashion Influencer yang Modis dengan Streetwear

Berhijab bukan menjadi hambatan untuk bisa tetap tampil stylish.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 Oktober 2019, 12:48
Sivia Azizah saat hadir di acara Jakarta Fashion Week 2020
Instagram/@siviaazizah
Sivia Azizah saat hadir di acara Jakarta Fashion Week 2020

Berhijab bukan menjadi hambatan untuk bisa tetap tampil stylish. Saat ini, sudah banyak pilihan model pakaian, hijab, dan juga tutorial mix and match yang mengambil tema modis. Itulah pengakuan Sivia Azizah, penyanyi dan juga fashion influencer yang  tetap modis meski mengenakan hijab.

 

“Saya senang saat ini banyak perempuan muda inspiratif yang menjadi role model fashion hijaber Indonesia. Mereka ditiru karena gaya pakaian yang modest namun tetap edgy. Siapa bilang berhijab membuat perempuan tidak bisa tampil stylish?” kata Sivia di sela-sela acara Jakarta Fashion Week.

 

Sivia menambahkan, hijaber Indonesia bisa meniru dari beragam tutorial di dunia maya agar bisa tetap tampil modis. Penampilan Sivia yang stylish dengan  mengggunakan gaya street style yang ekspresif dan modis membuat dirinya dipilih menjadi brand ambassador CLEAR. Pada Jakarta Fashion Week 2019, Sivia tampil mengenakan busana Hyjab on Fire Collection karya IKYK.

 

Karya Hyjab on Fire menggunakan dominan warna hitam, hijau teal, dengan sentuhan gold dan magenta. Gaya ini mengawinkan ala street style yang ekspresif dengan gaya modest namun tetap menonjolkan sisi  feminin perempuan lewat potongan modern oversized yang menjadi ciri khas IKYK.

 

Salah satu permasalahan perempuan berhijab adalah kulit kepala yang panas, sehingga rawan menimbulkan ketombe. Hyjab on Fire menggunakan material dan tekstur pakaian yang ringan dan flowy, seperti nylon dan pleats. Ini bisa membuat hijaber tetap bisa bebas berekspresi tanpa khawatir ketombe.

 

Sivia juga berbagi tips kepada perempuan yang ingin berhijab tapi masih khawatir akan merasa kegerahan. Mantan penyanyi cilik dan personel grup musik Blink itu mengungkapkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memantapkan terlebih dahulu keputusan untuk memakai hijab.

 

“Pakai aja dulu hijabnya dan gak harus dipikir dua kali. Keputusan memakai hijab itu kan bukan hal yang gampang, jadi langsung lakukan aja. Setelah itu baru memikirkan cara merawat kulit kepala dan rambut. Baru setelah itu soal padu padan busana,” jelas Sivia.

 

Ketika pertama kali mengenakan hijab, Sivia mengaku punya masalah dengan kulit kepala, ketombe hingga rambut lepek. Semua itu membuat dirinya merasa tidak nyaman ketika awal-awal berhijab. Karena itu, Sivia memilih sampo antiketombe dan antirontok. Dia juga rutin merawat kulit kepala dan rambut dengan keramas dua kali sehari serta pergi ke salon khusus perawatan rambut.

 

Sivia Azizah memulai karirnya sebagai penyanyi cilik. Perempuan kelahiran 14 Februari 1997 ini kemudian bergabung dengan Blink, salah satu grup musik remaja. Selain bernyanyi, Sivia juga sempat tampil di film layar lebar serta sinetron.

 

Tak lama setelah Blink bubar, pada pertengahan 2017, Sivia memutuskan untuk berhijab. Keputusannya itu didukung oleh mantan personel Blink. Sivia mempunyai ciri khas dalam memilih busana, yaitu streetwear yang dipadukan dengan pashmina hitam serta sepatu sneakers.

 

Sivia yang berusia 22  tahun ingin tampil seperti anak muda lain sesuai usianya. Fashion ala Sivia ini teryata menginspirasi banyak hijabers hingga akhirnya disebut sebagai fashion influencers. Pengikut Sivia di Instagram kini sudah mencapai 1 juta followers.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait