Indonesia Properti Expo 2019 Dukung Pemerintah Tingkatkan Pasar

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
24 Oktober 2019, 15:13
IPEX
Katadata

Indonesia Properti Expo (IPEX) akan kembali dihelat pada 16-24 November 2019 di Hall A & B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Perhelatan ke-37 ini menargetkan 250 ribu pengunjung dengan transaksi kredit kepemilkan rumah (KPR) mencapai Rp 5 triliun. Target kunjungan ini lebih tinggi dari perolehan dalam pameran pada Juli lalu sebesar 209 ribu orang.  

PT Adhouse Clarion Events, penyelenggara IPEX, optimistis pameran dapat membantu kenaikan pasar  properti yang sempat lesu selama beberapa waktu terakhir.

Advertisement

“Kami optimistis acara kali ini bisa menjadi titik balik perkembangan pasar properti. Acara ini akan  diramaikan oleh banyak pengembang properti, mulai dari perumahan subsidi, apartemen hingga perumahan eksklusif, seperti Metropolitan Land, Rancamaya, dan Riscon” ujar Gad Permata, Vice President PT Adhouse Clarion Events.

Gad menambahkan pameran akan menghadirkan 73 pseserta pengembang. “Nanti ada 500 proyek yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung, termasuk 55 proyek bersbsusidi,” tambahnya.

Arvin F. Iskandar, Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Daerah Realestat Indonesia (DPD REI) Jakarta, mengatakan selama ini pameran 2019 menjadi titik balik dari perubahan nasib pasar properti. “Setelah ada pemilhan presiden ini ada kenaikan, apalagi di landed residential,  kami melihat ada kenaikan walaupun sedikit,” lanjut Arvin dalam keterangan pers di Jakarta.  

Berkembangnya fasilitas KPR dengan turunnya suku bunga dan bertambahnya jumlah pengembang subsidi, menjadi energi tambahan bagi industri ini dan diprediksi dapat menjadi pilihan baru bagi para target industri dan pengembang.

“Kenaikan harga di pasar sebesar 0,4 persen dan realisasi penjualan yang meningkat 20 persen dalam sektor perumahan mengindikasikan bahwa penyerapan pasar cukup baik dan akan terus  membaik hingga beberapa waktu ke depan,” tambah Arvin.

Terlebih, Arvin menambahkan, selama ini dalam setiap (IPEX) dampaknya selalu positif. “Apalagi official sponsor kami tetap Bank BTN yang luar biasa programnya,” katanya.

IPEX 2019 mendapat dukungan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan PT Bank Tabungan Negara (Pesero) Tbk. atau BTN sebagai official bank partner.

Direktur Layanan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Drs H. Agusny Gunawan, berharap penyelenggaraan pameran seperti Indonesia Properti Expo ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah, karena pada kegiatan ini hadir 35 pengembang subsidi dengan total proyek sebanyak 55 proyek yang turut membantu perkembangan pasar properti lewat edukasi satu tempat mengenai penyediaan properti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement