Cara PT KAI Daop I Meriahkan HUT RI ke-74

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
17 Agustus 2019, 11:02
Kereta Api Indonesia
Katadata

Banyak cara untuk menunjukkan dan mengapresiasi rasa cinta  tanah air, terutama di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia. Di Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menghadirkan kejutan untuk para penumpang Kereta Api (KA), serta memberikan promo tiket perjalanan.

Semarak Hari Kemerdekaan RI makin berkobar bagi penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir. Sebab, mulai Jumat 16 Agustus 2019 KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) dioperasikan dengan nuansa tematik kemerdekaan. Delapan kereta tersebut dihias dengan livery bernuansa Merah-Putih hingga beberapa minggu ke depan.

“Ini kali pertama rangkaian kereta api dihias livery Merah-Putih. Sebelumnya belum ada. PT KAI Daop 1 Jakarta ingin mengobarkan semangat Merah-Putih dalam perjalanan kereta api, sehingga penumpang pun merasakan semangat tersebut, dan semakin cinta Indonesia,” jelas Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 1 Jakarta. 

Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di PT KAI Daop 1 Jakarta juga diwarnai dengan pemberian tiket  gratis untuk lima Kereta Api Lokal untuk perjalanan pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, sekaligus sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api, maka untuk perjalanan lima KA Lokal pada 17 Agustus 2019 akan digratiskan. Kami ingin terus menyerukan kepada pelanggan kereta api, cinta Tanah Air dan cinta kereta api,” tambah Dadan. 

Kereta api lokal yang  memberi perjalanan dengan tarif Rp 0 adalah: KA Jatiluhur Relasi Tanjung Priok - Cikampek (pp),  KA Siliwangi Relasi Ciranjang - Cianjur - Sukabumi (pp),

dan KA Patas Merak / Merak Jaya Relasi Rangkasbitung - Merak (pp). Selanjutnya  KA Cilamaya Relasi Purwakarta - Tanjung Priok (pp) dan Walahar Ekspress Relasi Tanjung Priok - Purwakarta (pp)

Walaupun gratis, namun pengguna kereta api harus tetap memiliki tiket dengan nominal Rp.0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show, mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta. Adapun kuota tiket gratis sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing KA. 

Bagi penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil pengembalian bea tiket di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan kereta. Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket  atau boarding pass / e-boarding pass ke petugas di stasiun.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...