Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Industri Pariwisata Nasional

Image title
28 Juni 2019, 16:56
Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Industri Pariwisata Nasional
Sumber Foto: CNN Indonesia
Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Industri Pariwisata Nasional

JAKARTA – Sejak lima tahun lalu di awal pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan pariwisata sebagai sektor prioritas yang perlu didukung oleh infrastruktur mumpuni. Untuk mewujudkannya, Presiden telah meminta para menteri segera mengeksekusi proyek-proyek infrastruktur yang terhubung dengan destinasi wisata.  Saat ini, Indonesia mulai memetik hasilnya. Industri pariwisata nasional bergeliat mengikuti perbaikan infrastruktur yang telah dilakukan pemerintah di sejumlah daerah.

Salah satu infrastruktur yang terasa manfaatnya adalah jalan Tol Trans Jawa. Di berbagai kesempatan, Presiden Jokowi selalu meminta gubernur, bupati, dan wali kota untuk mengkoneksikan Tol Trans Jawa dengan berbagai tempat tujuan wisata. Tujuannya agar atraksi di destinasi-destinasi itu kian ramai dikunjungi wisatawan, sehingga bisa menghidupkan ekonomi lokal.

Tol Trans Jawa sepanjang 1.167 kilometer, yang terintegrasi dengan sejumlah bandar udara dan pelabuhan di Pulau Jawa, terbukti menghidupkan gairah ekonomi di banyak daerah.

Presiden Jokowi tak hanya mendorong berbagai pihak untuk turut gencar mempromosikan pariwisata yang sudah didukung infrastruktur. Bahkan Jokowi sendiri berkali-kali ikut mempromosikan tempat-tempat pariwisata melalui akun media sosial, seperti Instagram.

"Ke mana kalian berlibur di akhir tahun ini? Saya mengajak kita semua menikmati liburan di dalam negeri. Kalian yang di Pulau Jawa, misalnya, bisa bepergian antar kota dengan leluasa. Dari Jakarta ke Semarang, sampai Surabaya, misalnya, kini punya banyak pilihan rute, mulai jalur pantai selatan, pantai utara, atau lintas tengah," kata Jokowi di akun Instagram @jokowi beberapa waktu lalu.

Ibarat dua sisi mata uang, infrastruktur dan pariwisata tidak dapat dipisahkan. Infrastruktur memudahkan mobilitas manusia serta barang dan jasa, termasuk juga pergerakan uang. Pariwisata berarti pergerakan manusia dari satu kota ke kota lain, dari satu negara ke negara lain, dari satu titik ke titik lain. Semua mensyaratkan konektivitas yang baik.

Dorongan dan arahan Presiden Jokowi serta peluang besar industri pariwisata berkat infrastruktur –terutama Tol Trans Jawa— dimanfaatkan betul oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Apalagi, konsistensi Arief dalam dunia pariwisata selama empat tahun terakhir terbukti telah membawa pariwisata Indonesia ke panggung dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...