Puasa di Rumah Saja, Coba Kegiatan Seru Ini

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 April 2020, 14:50
Salat Berjamaah
123RF.com

Pandemi virus korona membawa banyak perubahan dalam aktivitas harian masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia. Perubahan ini berlaku pula saat Ramadan. Selama bulan puasa tahun ini, ibadah dialihkan dari masjid menjadi rumah masing-masing demi menghindari kerumunan massa.

Berpuasa sembari karantina mandiri di rumah mungkin terbayang membosankan bagi sebagian orang. Jangan patah semangat dulu, sebab ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan sambil tetap berdiam di rumah saja. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima kegiatan asyik untuk mengisi hari-hari puasamu.

1. Ibadah bersama-sama

Saat Ramadan, umat Islam beribadah dengan lebih intens. Jika biasanya masjid yang menjadi poros utama melakukan beragam kegiatan keagamaan, pada bulan puasa kali ini coba fokus beribadah di rumah. Hitung-hitung membuat ikatan keluarga lebih hangat sembari mengaji dan solat berjamaah.

2. Dekorasi ulang rumah

Kegiatan mendekor ulang tidak harus selalu dengan membeli barang baru. Ornamen-ornamen tambahan khas Ramadan bisa Anda bikin bersama penghuni rumah lain. Beberapa ide dekorasi, misalnya menambahkan spanduk mini buatan tangan pada pintu, menambah pencahayaan dengan memasang lentera khas Timur Tengah, atau bisa juga dengan menambah pajangan khas Ramadan. Yang terpenting, libatkan orang-orang yang serumah dengan Anda supaya lebih ramai.

3. Memperbarui perabot dan membersihkan rumah

Pada Ramadan tahun-tahun sebelumnya mungkin aktivitas memperbarui perabot bertujuan untuk memberi kesan lebih nyaman kepada tamu yang berkunjung saat hari raya Idul Fitri. Meskipun Ramadan dan Idul Fitri tahun ini kita lalui sembari karantina mandiri, bukan berarti kegiatan bersih-bersih dan memperbarui perabot batal dilakukan lho. Kegiatan ini tetap perlu dilakukan agar Anda sebagai penghuni merasa lebih fresh dengan tatanan perabot anyar, serta keadaan internal rumah yang bersih.

4. Nonton atau main game bareng

Meskipun menjadi bulan penuh berkah, bukan berarti sehari-hari saat menjalani puasa tidak boleh bersantai. Untuk menemani saat-saat rileks, menonton dan bermain bersama bisa menjadi pilihan seru. Coba unduh Netflix Party yang bisa ditonton lewat komputer atau laptop, kamu bisa menonton bersama  teman sesama pemilik akun Netflix. Opsi lain, bisa bermain gim bareng teman, misalnya dengan bermain di Gartic.io atau Houseparty.

5. Mempelajari resep masakan baru

Cobalah kegiatan yang satu ini. Kamu bisa mempelajari resep-resep baru untuk menu berbuka puasa dan makan sahur. Apabila aktivitas ini dilakukan secara teratur tentu dapat semakin mengasah keterampilanmu di dapur.

 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait