Puasa di Rumah Saja, Coba Kegiatan Seru Ini

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 April 2020, 14:50
Salat Berjamaah
123RF.com

Pandemi virus korona membawa banyak perubahan dalam aktivitas harian masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia. Perubahan ini berlaku pula saat Ramadan. Selama bulan puasa tahun ini, ibadah dialihkan dari masjid menjadi rumah masing-masing demi menghindari kerumunan massa.

Berpuasa sembari karantina mandiri di rumah mungkin terbayang membosankan bagi sebagian orang. Jangan patah semangat dulu, sebab ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan sambil tetap berdiam di rumah saja. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima kegiatan asyik untuk mengisi hari-hari puasamu.

1. Ibadah bersama-sama

Saat Ramadan, umat Islam beribadah dengan lebih intens. Jika biasanya masjid yang menjadi poros utama melakukan beragam kegiatan keagamaan, pada bulan puasa kali ini coba fokus beribadah di rumah. Hitung-hitung membuat ikatan keluarga lebih hangat sembari mengaji dan solat berjamaah.

2. Dekorasi ulang rumah

Kegiatan mendekor ulang tidak harus selalu dengan membeli barang baru. Ornamen-ornamen tambahan khas Ramadan bisa Anda bikin bersama penghuni rumah lain. Beberapa ide dekorasi, misalnya menambahkan spanduk mini buatan tangan pada pintu, menambah pencahayaan dengan memasang lentera khas Timur Tengah, atau bisa juga dengan menambah pajangan khas Ramadan. Yang terpenting, libatkan orang-orang yang serumah dengan Anda supaya lebih ramai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...