Bantu Stok Pangan, Kabupaten Pandeglang Panen Raya

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
8 Mei 2020, 20:24
MUSIM PANEN PADI
ANTARA FOTO/Muhammad Bagu Khoirunas/foc.

Kementerian Pertanian memperkirakan puncak panen di Kabupaten Pandeglang terjadi pada April dengan luas 1,73 juta hektar dengan produksi 5,27 juta ton beras dan berlanjut pada Mei dengan luas panen sekitar 1,38 juta hektar atau setara dengan produksi 3,81 juta ton beras. 

 

Advertisement

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi S. Januardi mengatakan bahwa Kabupaten Pandeglang dari hari ke hari semakin memantapkan diri untuk terus ikut berperan dalam memastikan ketersediaan pangan.

 

“Modal sosial yang ada diantaranya etos kerja para petani, kebersamaan dan kepedulian diantara petani/Poktan yang disinergikan dengan pendampingan, bimbingan para PPL serta bantuan sarana produksi & alsintan dari pemerintah semakin memperkuat gerak langkah bersama dalam pembangunan pertanian di daerah,” kata Budi.

 

Sekretaris Kelompok Tani Barokah Desa/Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang Ilham mengatakan bahwa rata-rata produksi pertanaman padi walaupun mengandalkan air tadah hujan adalah sebesar 8,3 ton per hektar. Poktan Barokah  pada 2016 dan 2018 pernah menjadi Juara 2 tingkat Provinsi Banten sebagai Poktan Teladan dan Poktan berprestasi dalam budidaya tanaman padi.

 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement