Ragam Aksesoris Pemanis Baju Lebaran

Dalam mempercantik penampilan, pakaian biasanya tidak berperan tunggal. Busana akan didampingi aksesoris fesyen tambahan.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
8 Mei 2020, 13:40
Pameran
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Kesibukan masyarakat menjelang Idul Fitri salah satunya adalah menyiapkan pakaian terbaik untuk dikenakan pada hari kemenangan. Tak heran jika seseorang mengalokasikan tunjangan hari raya (THR) secara khusus untuk membeli pakaian beserta aksesorisnya.

Dalam mempercantik penampilan, pakaian biasanya tidak berperan tunggal. Busana akan didampingi aksesoris fesyen tambahan. Salah satu aksesoris incaran kaum hawa adalah kerudung. Yang pasti, padu padan aksesoris fesyen tidak harus selalu membeli baru, kamu bisa berkreasi dengan benda-benda yang ada di lemari.

Sejumlah sumber memaparkan bahwa pada tahun ini, kerudung segi empat diperkirakan tetap menjadi tren. Tapi pashmina juga terus digemari. Soal warna, nuansa earth tone sedang populer pada 2020.

Nah, untuk Idul Fitri kali ini kamu bisa mencoba memadukan pashmina polos bernuansa earth tone, seperti coklat tua atau warna terracotta, dengan blus putih dan overall berwarna cokelat muda. (Baca juga : Tak Perlu Belanja, Sulap Saja Pakaian Lama agar Tampak Baru)

Apabila ingin tampil beda, bisa juga memilih hijab segi empat dengan motif. Dalam memilih kerudung bermotif, harus diperhatikan polanya untuk menghindari motif yang terlalu penuh. Pendiri dan Direktur Kreatif Buttonscarves Linda Anggrea menyarankan agar menghindari motif yang terlalu besar.

“Motif terlalu besar membuat fokus orang jadi ke kerudung kita saja, pilih motif yang cenderung light, tidak penuh, dan ukurannya standar,” tutur Linda mengutip Tempo, Jumat (13/3/2020).

Memilih kerudung bermotif bunga dapat menampilkan kesan feminin. Hijab bermotif bunga dengan nuansa abu-abu muda, misalnya, bisa dipadankan dengan dress atau tunik berwarna mint. Sementara itu, guna mempermanis tampilan kerudung, bisa berkreasi dengan jarum pentul dan peniti.

Cara lainnya dengan mengenakan bros dagu. Aksesoris ini salah satu yang paling dicari para hijabers untuk mempercantik khimar syar’i mereka. Pada umumnya, jenis yang paling dicari adalah bros dagu dengan bahan imitasi kristal dan emas.

Selain bros dagu, peniti India juga dapat menjadi pilihan untuk dipadankan dengan kerudung Anda. Peniti India memiliki ciri khas manik berwarna-warni seperti gelang India. Peniti ini dapat dipadukan dengan warna hijab yang lebih soft agar tidak mencolok.

(Baca juga : Aktivitas Seru untuk Menikmati Idul Fitri di Rumah)

Bila ingin tampil dengan aksesoris yang lebih kekinian, kamu juga bisa mencoba tuspin mutiara. Aksesoris yang sedang hits dikalangan hijabers ini biasanya dikenakan di samping pundak maupun di bawah dagu. Hijab berwarna pastel dan warna-warna lembut seperti biru muda maupun lavender dapat menjadi perpaduan yang pas dengan tuspin mutiara.

Selain hijab, penggunaan scarf juga bisa mempercantik tampilan hari raya. Tak hanya dikenakan sebagai kerudung maupun turban, scarf cocok juga dipakai sebagai syal bahkan outerwear. Untuk mengubah scarf menjadi outer, ikat dua ujung scarf di sebelah kanan, lalu ikat lagi di sebelah kiri. Kreasi outer dari scarf ini akan nampak seperti cardigan batwing.

Aksesoris scarf ternyata juga cocok untuk dikenakan pria. Untuk fesyen pria, scarf dapat dikalungkan di leher atau dijadikan sebagai sorban. Adapun scarf unisex berwarna pastel dengan motif Turkish Tile yang dipadukan dengan motif songket karya desainer kondang Barli Asmara dan Dian Pelangi dapat menjadi pilihan bagi pria maupun wanita.

Melalui karyanya, Barli ingin mengajak kaum pria untuk mengenakan scarf sebagai pemanis penampilannya pada hari raya. Tapi tetap tak merusak sisi maskulinitas pria ketika mengenakan scarf tersebut.

Adapun, Zalora mencatat produk aksesoris yang dicari pria ketika lebaran umumnya adalah jam tangan. Jam tangan jenis analog dengan strap berbahan kulit bisa menjadi pilihan untuk tampil modis pada saat Idul Fitri.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait