Gelar Percepatan Tanam Padi, Mentan Apresiasi Kinerja Pemkab Maros

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
18 Mei 2020, 13:55
TARGET PRODUKSI PADI KABUPATEN BONE BOLANGO
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/wsj.

Kelompok Tani Cahaya Muda, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan menggelar percepatan tanam padi serentak dengan menggunakan varietas Ciherang yang merupakan benih unggul bantuan Kementerian Pertanian (Kementan).

 

Advertisement

Wakil Bupati Maros Harmil Mattotorang saat dihubungi mengatakan, luasan tanam di Kabupaten Maros mencapai kurang lebih 26.205 hektare dengan prediksi produksi sekitar 295.800 ton.

 

"Target April-September yaitu 20.000 ha dengan realisasi 65 persen. Khusus Mei, realisasi kurang lebih 7.000 ha dari target 8.312 ha atau kurang lebih 84 persen. Sisa tanam terus berjalan hingga akhir bulan Mei. Insyaallah akan tercapai," katanya.

 

Harmil menerangkan, sawah yang ditanam merupakan sawah irigasi yang rata-rata produksinya dua kali dalam setahun dengan hasil panen mencapai 6 ton per hektare.

 

"Dengan melakukan pengolahan sekarang mempermudah petani karena air tersedia dengan baik. Terlebih ada potensi kekeringan di bulan Juni-Agustus," terangnya.

 

Mengenai hal ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kerja keras pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Maros yang telah memberikan perhatian besar pada Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Tanam (GPOT). Syahrul menilai, kondisi ini bisa menjadi momentum memperkuat kemandirian pangan nasional di tengah lesunya ekonomi dunia akibat Covid 19.

 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement