Nostalgia Surga Wisata Belanja di Kampung Halaman

Mudik kali ini dilarang tetapi kita masih bisa sekadar nostalgia seputar lokasi-lokasi yang lazim menjadi surga wisata belanja para pemudik.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
20 Mei 2020, 12:13
Pasar Klewer
dok. Pemerintah Kota Surakarta

Bagi sebagian pemudik, berbelanja oleh-oleh termasuk salah satu kegiatan yang rutin dilakukan saat tandang ke kampung halaman. Cinderamata yang dibeli biasanya akan dibagikan kepada kerabat di tanah rantau, misalnya tetangga atau rekan kantor.

Pada Ramadan dan Idul Fitri kali ini masyarakat dilarang mudik karena pandemi virus corona. Aktivitas belanja oleh-oleh di kampung halaman tak bisa dilakukan. Tapi setidaknya, kita masih bisa sekadar bernostalgia seputar lokasi-lokasi yang lazim menjadi surga wisata belanja para pemudik.

(Baca juga : Batal Kulineran di Kampung Halaman? Masak Sendiri Saja di Rumah)

Terdapat tiga destinasi mudik utama bagi para perantau di Jabodetabek, yaitu ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Oleh karena itu, ulasan ini mencoba menyorot seputar destinasi wisata belanja di tiga provinsi ini. Mari bernostalgia!

1. Jawa Tengah

Menurut Balitbang Kemenhub, provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo ini memiliki beberapa kota yang biasa menjadi tujuan mudik terbanyak yaitu Surakarta atau Solo, Semarang, dan Tegal. Di Solo, pemudik biasa melancong ke Pasar Klewer dan Kampung Batik Kauman.

Mengutip laman resmi www.surakarta.go.id dinyatakan, belum lengkap rasanya kalau main ke Solo tetapi tidak mengunjungi Klewer. Di pasar ini, kita bisa berburu oleh-oleh busana mulai dari batik, kaos oblong, pakaian tradisional, blangkon, hingga beragam busana yang sedang tren.

Sementara bagi mereka yang mudik ke Semarang bisa mampir ke pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran. Di sana, kita bisa membeli makanan khas Semarang seperti bandeng presto, tahu bakso, dan lumpia. Tapi kalau ingin merasakan suasana berbeda, bisa coba mendatangi Pasar Semawis yang hanya buka pada malam hari untuk mengeksplor kuliner lainnya.

2. Jawa Timur

Kemenhub mencatat, provinsi ini merupakan destinasi mudik kedua terbanyak dari para perantau di Jabodetabek, sekitar 3,35 juta pemudik pada 2019. Sebagian besar masyarakat yang mudik ke Jawa Timur berlabuh di Surabaya dan Jombang. 

Surabaya contohnya, ibu kota Provinsi Jawa Timur ini memiliki sejumlah surga wisata belanja. Salah satunya adalah Pasar Atom, di sana kamu bisa membeli pakaian, aksesoris fesyen, bahkan kulineran. Dan ada pula Pasar Blauran serta Pasar Pagi Tugu Pahlawan.

Sementara itu, ketika berkunjung ke Jombang, publik dapat berkunjung ke Alun-Alun Kabupaten Jombang untuk kulineran sambil belanja pernak-pernik. (Baca juga : Baju Lama atau Baru, Gaya Busana Lebaran Masyarakat Tetap Seru)

3. Jawa Barat

Sebagai provinsi dengan pemudik terbanyak ketiga, Jawa Barat memiliki tiga daerah yang paling banyak dikunjungi ketika musim mudik tiba, yaitu Bandung, Garut, dan Tasik. Kalau mendengar nama Bandung mungkin sebagian kamu otomatis teringat kepada factory outlet (FO).

FO atau pusat pakaian impor kualitas tinggi yang banyak bermukim di Jalan Riau atau Jalan Dago sering menjadi incaran wisata belanja pemudik. Tapi kalau yang dicari adalah barang bekas maka Pasar Gedebage yang menjadi pilihan.

Lain lagi dengan Garut, oleh-oleh incaran yang khas di daerah ini adalah jaket kulit. Para pengincar pakaian ini biasanya pergi ke kawasan fesyen kulit Sukaregang. Produk kerajian lain yang bisa diborong, seperti sepatu kulit, tas, dan aneka kerajinan dari kulit sapi, domba, dan kerbau.

Kita sudah mengulasi sekilas destinasi wisata belanja yang kerap menjadi incaran pemudik pada lebaran tahun-tahun sebelumnya. Semoga pada tahun mendatang bisa kembali pulang dan memborong beragam oleh-oleh khas dari kampung halaman.

Video Pilihan

Artikel Terkait