Nostalgia Surga Wisata Belanja di Kampung Halaman

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
20 Mei 2020, 12:13
Pasar Klewer
dok. Pemerintah Kota Surakarta

Bagi sebagian pemudik, berbelanja oleh-oleh termasuk salah satu kegiatan yang rutin dilakukan saat tandang ke kampung halaman. Cinderamata yang dibeli biasanya akan dibagikan kepada kerabat di tanah rantau, misalnya tetangga atau rekan kantor.

Pada Ramadan dan Idul Fitri kali ini masyarakat dilarang mudik karena pandemi virus corona. Aktivitas belanja oleh-oleh di kampung halaman tak bisa dilakukan. Tapi setidaknya, kita masih bisa sekadar bernostalgia seputar lokasi-lokasi yang lazim menjadi surga wisata belanja para pemudik.

Advertisement

(Baca juga : Batal Kulineran di Kampung Halaman? Masak Sendiri Saja di Rumah)

Terdapat tiga destinasi mudik utama bagi para perantau di Jabodetabek, yaitu ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Oleh karena itu, ulasan ini mencoba menyorot seputar destinasi wisata belanja di tiga provinsi ini. Mari bernostalgia!

1. Jawa Tengah

Menurut Balitbang Kemenhub, provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo ini memiliki beberapa kota yang biasa menjadi tujuan mudik terbanyak yaitu Surakarta atau Solo, Semarang, dan Tegal. Di Solo, pemudik biasa melancong ke Pasar Klewer dan Kampung Batik Kauman.

Mengutip laman resmi www.surakarta.go.id dinyatakan, belum lengkap rasanya kalau main ke Solo tetapi tidak mengunjungi Klewer. Di pasar ini, kita bisa berburu oleh-oleh busana mulai dari batik, kaos oblong, pakaian tradisional, blangkon, hingga beragam busana yang sedang tren.

Sementara bagi mereka yang mudik ke Semarang bisa mampir ke pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran. Di sana, kita bisa membeli makanan khas Semarang seperti bandeng presto, tahu bakso, dan lumpia. Tapi kalau ingin merasakan suasana berbeda, bisa coba mendatangi Pasar Semawis yang hanya buka pada malam hari untuk mengeksplor kuliner lainnya.

2. Jawa Timur

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement