Oleh-Oleh Khas Daerah, Obat Kangen Kampung Halaman

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
26 Mei 2020, 17:51
Lumpia Semarang
123RF.com

Lebaran kali ini sebagian besar masyarakat kota mesti melupakan keinginan untuk pulang kampung. Pandemi virus corona (Covid-19) mengharuskan para pemudik menahan diri pergi menengok kampung halaman. Namun, rasa rindu terhadap tanah kelahiran sering kali tidak tertahankan.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk bernostalgia, salah satunya dengan menikmati kudapan oleh-oleh khas daerah. Oleh-oleh daerah juga menjadi bagian penting dalam industri pariwisata di Indonesia. Sebelum lesunya sektor ini akibat Covid-19 tercatat bahwa peringkat indeks daya saing pariwisata Indonesia di dunia naik menjadi peringkat ke-40 pada tahun 2019 dari peringkat 42 pada 2017.

Advertisement

(Baca juga: Nostalgia Surga Wisata Belanja di Kampung Halaman)

Oleh-oleh menjadi salah satu daya tarik yang perlu dikembangkan untuk menggenjot ekonomi UMKM daerah. Penelitian Williams Boyne dan Hall juga menunjukkan bahwa wisatawan menghabiskan hampir 40 persen dari anggaran mereka pada makanan saat bepergian.

Tak hanya lezat, beberapa buah tangan khas daerah juga memiliki nilai sejarah. Tak jarang berbagai oleh-oleh ini telah ada sejak puluhan tahun dan menjadi ciri khas kota tertentu. Beberapa oleh-oleh khas daerah berikut ini dapat menjadi pilihan untuk mengobati kangen kampung halaman tahun ini.

1. Lumpia Semarang

Kudapan satu ini terbilang cukup umum bagi masyarakat Indonesia. Bentuknya memanjang terbalut kulit dengan berbagai isian menjadikan lumpia menjadi salah satu jajanan pasar yang mudah ditemui. Namun jika anda melakukan perjalanan mudik melalui jalur utara Jawa, lumpia Semarang dapat menjadi salah satu buah tangan andalan. Lumpia Semarang atau loenpia Semarang merupakan kuliner khas yang biasa berisikan rebung, telur, daging ayam, atau udang. Mengutip CNN Indonesia, menurut sejarahnya jajanan ini merupakan buah akulturasi budaya Tionghoa Semarang dan Jawa. Lumpia ini bahkan telah ada pertama kali sejak abad ke-19. Keistimewaan lumpia ini ada pada cita-rasanya yang sangat menonjolkan khas kuliner Semarang, yakni manis dan asin.

2. Bakpia Pathok

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement