Bea Cukai Manado Dorong Pengusaha Produk Perikanan Ekspor Langsung

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 Juli 2020, 12:00
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Hal itu terungkap dalam Forum Group Discussion (FGD) yang digelar pekan lalu oleh BKIPM Manado, Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, dan PT Angkasa Pura Logistik Manado. FGD inimerupakan tindak lanjut dari FGD sebelumnya pada  5 Maret 2020.

Kepala Kantor Bea Cukai Manado, M. Anshar mengungkapkan  tujuan diadakannya FGD ini adalah mencapai kesiapan dari pihak eksportir dan instansi untuk bisa melakukan ekspor langsung dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado menuju Jepang.

Advertisement

Anshar menyampaikan ekspor hasil perikanan dan kelautan Sulawesi Utara sudah dikenal kualitasnya di berbagai daerah hingga mancanegara. Dalam melakukan ekspor, selama ini produk yang berangkat dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado harus melakukan transit terlebih dahulu ke daerah lain sebelum sampai ke negara tujuan. Hal ini dapat membuat berkurangnya kualitas dari produk segar karena waktu perjalanan yang terlalu lama.

Menurunnya jumlah produksi sebagai dampak pandemi Covid-19, menurut Ashar, merupakan salah satu kendala dalam melakukan ekspor. Selain itu, dari pihak instansi juga sedang berupaya untuk menyediakan sarana untuk bisa melakukan ekspor langsung ke negara tujuan yaitu Jepang.

“Pihak kami sudah berupaya untuk mendorong penambahan komoditi ekspor dari sektor pertanian ysng diharapkan bisa memenuhi kuota sarana agar dapat ekspor langsung ke negara tujuan,” tambah Ashar. 

Sebelumnya Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara juga sudah melakukan kajian melalui kuisioner kepada seluruh pengusaha atau eksportir di Sulawesi Utara.

“Selama ini, kita hanya melakukan ekspor untuk barang sampel dari Bandar Udara Sam Ratulangi Manado. Dengan kualitas hasil perikanan dan kelautan yang dimiliki Sulawesi Utara, saya yakin bisa melakukan ekspor langsung ke negara tujuan (Jepang),” jelas Ashar.

Selain itu, Ashar juga berharap bisa memenuhi kuota dari ekspor di sektor pertanian Sulawesi Utara yang tidak kalah berkualitas. “Saya berharap kita semua dari pihak pengusaha atau eksportir dan instansi bisa bersinergi untuk mendorong tewujudnya ekspor langsung ini,” tutupnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement