Aplikasi MontiR-AC, Konsumen Bisa Pilih Teknisi AC yang Kompeten

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
16 September 2020, 11:58
Hari Ozon Sedunia - KLHK
Katadata

Jakarta - Setiap tahun, dunia memperingati Hari Ozon Sedunia pada 16 September. Tahun ini, Hari Ozon Internasional diperingati pada Rabu, 16 September 2020 dengan tema resmi dari United Nations Environment Programme (UNEP) yaitu “Ozone for Life”.

Sekjen PBB, Antonio Guterres, mengimbau seluruh masyarakat dunia dapat mengambil contoh bagaimana kita telah bekerja sama selama ini untuk melindungi dan memulihkan lapisan ozon dan menerapkan semangat yang sama untuk menyembuhkan planet ini demi masa depan yang lebih cerah dan lebih adil bagi semua umat manusia.

Advertisement

Penyiapan teknisi Refrigerasi dan AC (RAC) yang kompeten menjadi sangat penting, karena teknisi yang kompeten akan melakukan servis peralatan RAC dengan benar sehingga menghindari terlepasnya refrigeran ke udara dan mengurangi penipisan lapisan ozon. Selain itu, servis peralatan RAC yang sesuai dengan standar mesin tersebut juga dapat meningkatkan umur pakai mesin dan menghemat konsumsi energi dari peralatan tersebut.

Berdasarkan data teknisi yang dimiliki Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), saat ini baru sekitar 2.000 orang teknisi kompeten yang telah tersertifikasi. Namun, kebutuhan peralatan RAC di Indonesia semakin meningkat yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan teknisi RAC yang kompeten untuk melakukan servis peralatan RAC.

Untuk memenuhi kebutuhan akan teknisi RAC yang kompeten tersebut, maka pada hari ini, Rabu, 16 September 2020, KLHK memberikan bantuan peralatan kepada teknisi RAC, Balai Latihan Kerja (BLK) serta Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK). Peralatan ini diharapkan dapat membantu teknisi dalam melaksanakan kegiatan servis peralatan RAC dengan benar serta mendukung penyediaan infrastruktur di BLK dan BDLHK guna melakukan pelatihan dan sertifikasi teknisi RAC.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement