Bantu Tangkal Corona, OVO Dapat Apresiasi dari Pemerintah

Awal pekan lalu, OVO bersama Tokopedia dan Grab sebagai ekosistem terbesar di Indonesia berdonasi untuk penyediaan alat perlindungan diri bagi tenaga medis
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
31 Maret 2020, 10:53
OVO Kemenparekraf
dok. OVO

Donasi senilai total Rp 3 miliar telah disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Benih Baik. Anggaran ini merupakan hasil patungan OVO, Tokopedia, dan Grab untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi tenaga medis yang bertugas selama pandemi coronavirus disease (Covid-19).

Langkah tiga perusahaan teknologi digital tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah. Hal ini disampaikan dalam Virtual Town Hall yang diselenggarakan OVO pada Jumat (27/3/2020). Konferensi virtual ini mempertemukan karyawan OVO dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

(Baca juga: Cegah Corona, Pegawai Gojek, Grab, OVO & Tokopedia Juga Kerja di Rumah)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio menyatakan bahwa inisiatif OVO, Tokopedia, dan Grab sangat membantu pemerintah. Dan secara tidak langsung, tindakan tiga perusahaan ini turut menginspirasi korporasi lain untuk melakukan hal serupa.

“Kami melihat peran OVO, sebagai perusahaan pembayaran digital, juga sangat penting dalam membantu menghambat penyebaran Covid-19. Sebab, penggunaan uang tunai berpotensi sebagai media penyebaran virus ini,” kata Wishnutama Kusubandio.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menyampaikan, pemerintah menyiapkan stimulus ekonomi yang bertujuan untuk memperkuat daya beli masyarakat terhadap produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dan tengah dipikirkan pula strategi tepat agar warung-warung tradisional yang kini mencapai 3,5 juta tetap bisa berjualan dan mendapatkan pasokan barang.

“Warung-warung nantinya bisa membantu mendistribusikan kebutuhan pokok kepada warga tanpa harus terjadi perkumpulan massa. Karena itu, kami berterima kasih pula karena OVO sudah memberikan bantuan berupa masker dan fasilitas sanitasi,” ujar Teten Masduki dalam keterangannya.

(Baca juga: Pekan QRIS Nasional, Momen OVO Edukasi Ribuan Merchant di 16 Kota)

Selain itu, OVO juga menyalurkan donasi berupa 10.000 unit pembersih tangan (hand sanitizer) kepada para merchant yang notabene pelaku UKM di Jabodetabek dan Bali. Hal ini menunjukkan dukungan perusahaan atas terciptanya perilaku hidup bersih dan sehat yang dinilai mampu menghambat penyebaran Covid-19.

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengutarakan rasa terima kasih atas apresiasi pemerintah terkait inisiatif perusahaan dalam upaya memerangi Covid-19. Pihaknya terus menjalin komunikasi guna menyampaikan keinginan untuk dapat turut aktif membantu mengatasi pandemi ini.

“Bersama-sama seluruh komponen masyarakat lain, OVO juga telah dan terus menerapkan berbagai langkah pencegahan. Ini untuk semaksimal mungkin memproteksi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup karyawan serta para mitra usaha kami,” kata Karaniya.

(Baca juga: Gandeng Bali United, OVO Digitalisasikan Sektor Olahraga Nasional)

Sejauh ini, OVO terus menerapkan WFH guna meminimalisir penyebaran Covid-19 sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Selama masa ini, perusahaan dompet digital ini memastikan bahwa semua aktivitas bisnis serta koordinasi internal berjalan lancar melalui konferensi video. OVO juga memastikan kelancaran aktivitas para mitranya termasuk pengusaha kecil dan menengah.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait