Kuliner Buka Puasa Favorit di Aplikasi Pesan Antar

Tren layanan pesan antar makanan secara daring membuat masyarakat tetap bisa berwisata kuliner sembari di rumah saja.
Image title
Diproduksi oleh Tim Publikasi Katadata
21 April 2020, 12:07
Bebek Kaleyo
Instagram/@bebekkaleyo76

Ramadan adalah bulan khusus bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa setiap hari. Jelang adzan maghrib, biasanya masyarakat sibuk menyiapkan beraneka santapan untuk berbuka puasa. Mengingat sekarang sedang pandemi virus korona maka berbuka puasa sangat dianjurkan di rumah saja.

Bagi sebagian masyarakat, buka puasa di rumah tidak selalu diisi dengan kesibukan memasak sendiri. Ada layanan pemesanan makanan berbasis aplikasi ponsel. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tren pesan antar ini mampu mendongkrak penjualan makanan di restoran sebesar 5,74 persen pada 2018 (year on year). Angka ini meningkat dibandingkan dengan 2017 sebesar 5,43 persen (yoy).

Tren layanan pesan antar makanan secara daring membuat masyarakat tetap bisa berwisata kuliner dari rumah selama pandemi virus korona. Pilihannya berlimpah. Bagaimana tidak, merchant kuliner GoFood saja jumlahnya mencapai 500.000 pada 2019, atau naik 17 kali lipat dari tahun sebelumnya sebanyak 125.000 merchant. Sementara GrabFood punya sekitar 200.000 mitra, dengan total menu yang tersedia mencapai 16 juta.

Spesifik tentang menu, di dalam layanan GoFood, misalnya, ada lima jenis makanan yang terbanyak dipesan pengguna aplikasi Gojek sepanjang 2018. Terlaris adalah menu paket ayam, disusul aneka nasi, aneka mi, gorengan, dan martabak. Tren serupa terjadi pada tahun lalu.

Merujuk kepada informasi di atas, berikut ini lima opsi menu yang bisa kamu pesan untuk berbuka puasa via aplikasi pesan antar.

1.  Aneka masakan bebek

Ada banyak masakan berbahan utama daging bebek, seperti yang dijalankan restoran Bebek Kaleyo. Berdiri sejak 2007, kini Bebek Kaleyo memiliki 17 gerai di wilayah Jabodetabek yang seluruhnya bisa diakses melalui aplikasi ponsel. Menu andalan di restoran ini adalah daging bebek muda yang empuk nan gurih, disajikan dengan beberapa pilihan sambal. Harganya cukup terjangkau Rp 30.000 - Rp 50.000 per porsi.

2. Pisang goreng madu

Kudapan ini terbilang cocok untuk menu berbuka puasa. Salah satu jenama pisang goreng madu ternama di ibu kota adalah milik Bu Nanik. Kedainya berlokasi di Jl. Tanjung Duren Raya No. 67, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Tanpa harus repot datang ke gerai, Anda bisa memesan pisang goreng ini melalui layanan pesan antar daring. Selain pisang, menu favorit yang sering dipesan ialah nangka, nanas, cempedak, ubi, dan sukun. Semua digoreng bercampur dengan madu.

3. Martabak

Menu takjil lain yang sayang dilewatkan, yakni martabak. Salah satu brand martabak yang banyak digandrungi adalah Martabak Orins. Terdapat 32 cabang di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Seluruhnya menawarkan layanan pesan antar secara daring. Beberapa opsi menu andalan Orins, yaitu martabak pizza dengan aneka topping di setiap potongannya, dan martabak samyang dengan cita rasa super pedas.

4. Mi bakso

Jika anda ingin menikmati berbuka dengan masakan berkuah, mi bakso bisa menjadi pilihan. Kedai yang layak dicoba salah satunya Bakso Solo Samrat. Menu andalan di warung makan ini adalah bakso tenis rusuk, terdiri dari bakso telur disertai potongan iga empuk disajikan dengan kuah kaldu. Ada beberapa menu favorit lain, seperti bakso isi daging, bakso puyuh, bakso biasa, dan bakso urat. Kedai bakso ini tersebar di beberapa lokasi di Jakarta, seperti Tebet, Karet, Cikajang, Kelapa Gading, dan Tanjung Duren.

5. Nasi goreng

Di Jakarta ada Nasi Goreng Kebon Sirih. Gerai kuliner ini bisa dikatakan legendaris karena sudah beroperasi sejak 1958. Sekarang sudah ada empat cabang, termasuk di Bandung, dengan menu andalan nasi goreng kambing, nasi ala kambing guling, dan nasi goreng jumbo. Dan tentu saja, menu-menu ini dapat dipesan melalui aplikasi pesan antar di ponsel Anda.

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Video Pilihan

Artikel Terkait