Konten Seru Ramadan dalam Genggaman

Para penyedia aplikasi untuk ponsel pintar saling merilis konten khusus Ramadan.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 April 2020, 14:50
Aplikasi Line
dok. LINE

Sejumlah penyedia aplikasi ponsel pintar berlomba merilis konten-konten baru untuk menemani para pengguna selama Ramadan. Pasalnya, bulan puasa tahun ini bersamaan dengan pandemi virus korona membuat kita harus jaga jarak fisik dan lebih banyak di rumah.

Tidak hanya aplikasi pertukaran pesan, seperti LINE. Penyedia layanan on demand Gojek dan Grab juga meluncurkan fitur khusus Ramadan dengan ciri khas masing-masing. Ada pula aplikasi media sosial islami Umma yang melakukan hal serupa.

“Ramadan merupakan momen spesial yang ditunggu masyarakat. Seiring gencarnya kampanye #dirumahaja, pada Ramadan kali ini kami menyajikan beragam fitur dan aktivitas interaktif, edukatif, juga menghibur,” tutur Strategy & New Business Director LINE Indonesia Fanny Verona dalam siaran pers, Senin (27/4/2020).

(Baca juga : Sambut Ramadan, Mapemall.com Gelar Diskon 70% + 40%)

1. LINE

Aplikasi perpesanan ini mengusung tema Di Rumah Bersama (Berkah Selama Ramadan) sehingga kegiatan penggunanya selama di rumah bisa menjadi lebih beragam dan seru. Fitur yang dihadirkan Di Rumah Bersama LINE, misalnya kuis rejeki Bersama, Jadwal Sholat, Alarm Sholat, Doa Harian, serta Kultum.

Fitur unggulan pertama untuk Di Rumah Bersama LINE adalah akun resmi LINE Ramadan yang merupakan fitur tahunan dari LINE Indonesia. Pengguna LINE yang ingin mengikuti konten interaktif ini bisa menemukannya pada bagian More Tab. Bagi pemakai iOS dan Android, bagian ini berupa ikon tiga titik di kanan bawah aplikasi.

Tak hanya itu, Di Rumah Bersama LINE juga hadir di kanal LINE Today melalui tab Ramadan. Fitur ini terbagi dalam sejumlah kategori yaitu Ramadan, Tanya Ustaz, Resep Hari Ini, Ramadan 2020, dan Doa Hari Ini. Dan tak lupa, LINE tentunya juga menyediakan layanan silaturahmi secara daring melalui fitur LINE Video Call guna mendekatkan pengguna dengan kerabat dan keluarganya tanpa pandang jarak.

2. Gojek

Pelopor Super App karya anak bangsa ini memperkenalkan inisiatif eBadah alias ibadah elektronik. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk beraktivitas selama Ramadan dalam hal bersedekah, berbagi rezeki, mengikuti dakwah, menyiapkan makanan untuk sahur dan buka puasa, hingga menjalani aktivitas produktif lain selama Ramadan.

Bulan puasa pada tahun ini terasa beda dibandingkan dengan periode sebelumnya berkenaan adanya pandemi virus korona. Oleh karena itu, Gojek mencari jalan agar penggunanya tetap menjalankan puasa secara maksimal meskipun mereka harus #dirumahaja. EBadah memberikan solusi mulai dari eSedekah, eBukber, eRezeki, eNgabuburit, hingga eParsel.

Esedekah memanfaatkan platform GoGive, hasil kolaborasi Gojek dengan Kitabisa.com, untuk membantu sesama. EBukber alias buka bersama elektronik memungkinkan pengguna Gojek menyiapkan makan sahur dan buka puasa menggunakan layanan GoFood, GoMart, dan GoShop. Fitur eBadah lain adalah eRezeki untuk memudahkan pengguna yang ingin berbagi kepada keluarga dan kerabatnya melalui layanan transfer atau kirim saldo GoPay kepada siapapun yang memliki akun Gojek. Ada pula eNgabuburit yang berisi beragam program dan konten dengan fasilitas pembelian tiket di GoTix. Secara khusus, melalui inisiatif eDaran (Dakwah Ramadan), Gojek berkolaborasi dengan sejumlah organisasi menghadirkan sesi dakwah daring. Terakhir, ada GoSend yang siap membantu pengguna Gojek manapun yang memerlukan jasa eParsel atau pengantaran barang kepada keluarga dan kerabat selama Ramadan #dirumahaja.

(Baca juga : Tren Baju Lebaran Tahun Ini Versi Marketplace Fesyen)

3. Grab

Terdapat delapan layanan baru yang dipersembahkan Grab Indonesia. Pertama adalah fitur pesanan terjadwal yang memungkinkan konsumen mengatur jadwal pemesanan makanan sejak dua jam sebelum buka puasa atau sahur, bahkan bisa dipesan sejak dua hari sebelumnya. Kedua, paket pengiriman Ramadan ala Grab yang dibalut kampanye SiapAntarSilaturahmi menggunakan GrabExpress. Ketiga, GrabAssistant sehingga pengguna bisa meminta bantuan mitra pengantara manakala ada kebutuhan mendesak.

Fitur selanjutnya, atau yang keempat, adalah Bukber Maya berupa rangkaian acara interaktif secara langsung. Kelima, Pasar Ramadan Online yang menemani pengguna pada 27 April – 17 Mei. Keenam, Paket Beduk Ramadan GrabKitchen dengan penawaran khusus. Ketujuh, Menu Rasa Mudik untuk memfasilitasi mereka yang rindu kuliner khas kampung halaman. Kedelapan alias terakhir adalah THR di GrabKios dengan mekanisme, yakni mitra GrabKios datang ke lokasi Anda untuk mengambil uang tunai lalu dikirim ke tujuan.

4. Umma

Platform media sosial bernuansa islami ini ikut menghadirkan beberapa fitur spesial guna membantu umat muslim di Tanah Air memaksimalkan ibadah di rumah selama bulan puasa. Selain fitur penunjang ibadah utama, seperti jadwal salat, penunjuk arah kiblat, dan Al Qur’an digital, ada beberapa fitur tambahan khusus Ramadan.

Pertama adalah fitur jurnal ibadah harian yang di dalamnya mencakup fitur penanda pencapaian ibadah (lencana), untuk mendapatkan lencana maka pengguna harus menyelesaikan misi ibadah tertentu. Kedua, fitur klinik membaca Al-Qur’an yang di dalamnya ada program one day one juz. Klinik Tahsin Baca Qur’an memfasilitas pengguna untuk mengecek kaidah pembacaan Al-Qur’an secara tartil, tajwid, dan sesuai ejaan huruf. Ketiga ialah fitur streaming kajian yang dihadikan untuk mengobati kerinduan pengguna menghadiri majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya hadir setiap Ramadan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait