Budaya Pilah Sampah Perlu Ditingkatkan

Pemerintah perlu ikut mendorong kesadaran masyarakat untuk memilah sampah.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata
4 Maret 2020, 14:25

Perbaikan sistem manajemen sampah tak lepas dari peran serta pemerintah dalam mengatur kebijakan dan menetapkan program yang relevan. Pemilahan sampah yang mulai dari level rumah tangga dapat menjadi kunci keberhasilan. Sayangnya, peningkatan produksi sampah nasional belum dibarengi dengan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaannya. Standar norma yang ideal diyakini dapat mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat. 

Hal ini terlihat dari hasil survei Katadata Insight Center 98% masyarakat tergerak untuk mulai memilah sampah jika ada insentif pemerintah,. Di lain sisi, penetapan disinsentif perlu menjadi pertimbangan, 58% rumah tangga berkeberatan jika berlaku denda bagi sampah yang tidak terpilah.

Pemerintah sendiri telah menetapkan kebijakan terkait pengelolaan sampah, salah satunya PP No. 81/2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Pada pasal 22 diterangkan bahwa pemilahan merupakan aktivitas awal dan utama dalam penyelenggaraan kegiatan penanganan sampah. Peraturan tersebut juga memuat arahan dalam pengelompokan sampah dan penyediaan fasilitas terhadap jenis sampah.  

Sistem pengelolaan sampah yang baik akan mendorong terciptanya masyarakat yang lebih bertanggung jawab dalam memilah sampah. Dari survei yang sama, masyarakat menilai bahwa pemerintah sebaiknya memprioritaskan pengadaan infrastruktur pengolahan sampah. Keberlangsungan operasional perlu disertai kepastian besaran insentif dan retribusi.