Daya Tahan Perusahaan Digital Terhadap Pandemi

Sebanyak 48,9 persen perusahaan digital mampu bertahan lebih dari satu tahun.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
14 Juli 2020, 17:25

Pelaku ekonomi digital menjadi salah satu yang rentan terimbas efek pandemi Covid-19. Menurut survei Katadata Insight Center (KIC) yang dilakukan terhadap 139 responden, hanya 48,9 persen perusahaan digital yang mampu bertahan lebih dari satu tahun.

Menurut sektornya, banyaknya perusahaan yang mampu bertahan di atas satu tahun secara berurutan berasal dari pertanian, teknologi informasi, fintech, kesehatan, maritim, logistik, marketplace, dan pendidikan. Adapun perusahaan dari sektor pariwisata banyak yang tidak sanggup bertahan lebih dari setahun.

Berbagai strategi dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Upaya yang paling banyak dilakukan ialah mengurangi biaya operasional. Hal ini dilakukan oleh sekitar 51,8 persen perusahaan.

Survei “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaku Ekonomi Digital di Indonesia” dilakukan pada 8 Mei-5 Juni 2020 terhadap 139 eksekutif di perusahaan digital.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.