Image title
Diproduksi oleh Tim Publikasi Katadata
16 Juli 2020, 12:00

Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaku Ekonomi Digital

Pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap pelaku ekonomi digital. Kondisi Startup sebagian besar memburuk saat pandemi. Kondisi terburuk dialami perusahaan rintisan atau startup di sektor pariwisata dan yang bervaluasi kecil. Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) kepada 139 eksekutif perusahaan digital, 10,1% startup tak mampu bertahan hingga akhir Juni 2020.

Namun 48,9% optimistis bisa bertahan hingga lebih dari Maret 2021 alias 1 tahun sejak pandemi dimulai). Kebanyakan startup berusaha bertahan dengan menerapkan Work From Home (WFH), mengurangi biaya operasional dan jumlah karyawan.

Bagaimana kondisi ekosistem digital di Indonesia pada masa pandemi covid-19 dan pengaruhnya pada perubahan strategi startup demi mempertahankan bisnisnya?

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.