Jelang Reshuffle Kabinet, Beredar Nama Enam Menteri Baru

Ameidyo Daud Nasution
21 Desember 2020, 11:21
reshuffle, kabinet, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Pool/wsj.
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020).
  • Nama yang menjadi kandidat kuat adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono.
  • Gerindra tetap mendapatkan jatah yang sama di kabinet
  • Pengamat politik menganggap reshuffle kali ini tak akan mudah untuk Jokowi lantarahn parpol mulai melirik 2024

Jika tak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan perombakan kabinet pada pertengahan pekan ini. Selain mengisi dua kursi menteri yang kosong, reshuffle tersebut juga bakal mengganti sejumlah menteri. Beberapa nama yang beredar menjadi calon kuat menteri maupun wakil menteri baru, dikabarkan sudah dipanggil ke Istana.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, pemanggilan para calon menteri tersebut ke Istana berlangsung pada pekan lalu. “Beberapa nama sudah bertemu melalui Pak Pratikno (Menteri Sekretaris Negara) sepanjang pekan lalu,” kata seorang sumber di partai politik, Minggu (20/12).

Advertisement

Dua nama yang menjadi kandidat kuat menteri baru adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma, walikota yang akan segera mengakhiri jabatannya pasca-hasil pilkada serentak 9 Desember lalu, disorongkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kepada Presiden untuk menduduki kursi Menteri Sosial.

Kursi Menteri Sosial kosong setelah Juliari Batubara mundur dari jabatannya. Politisi PDIP tersebut mundur karena menyandang status tersangka kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos).

Adapun, kursi Menteri Kelautan dan Perikanan yang ditinggalkan Edhy Prabowo karena menyandang status tersangka kasus dugaan korupsi ekspor benur, akan ditempati oleh Trenggono. Wakil Menteri Pertahanan saat ini tersebut dikenal dekat dengan Jokowi dan pernah menjadi Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma’ruf Amin pada pemilihan presiden tahun 2019 lalu.

Pengganti Wakil Menteri Pertahanan kabarnya juga sudah disiapkan. Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra, Kepala Staf Umum TNI saat ini, disebut-sebut akan mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sementara itu, satu kursi menteri yang kosong tetap dialokasikan untuk Partai Gerindra. “Tidak ada partai politik yang berkurang kursinya di kabinet,” kata seorang sumber.

Dari beberapa nama politisi Gerindra yang beredar, nama Sandiaga Uno yang paling santer terdengar. Calon Wakil Presiden 2019 - 2024 yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra itu, disebut-sebut akan menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru.

Rencana reshuffle pertama pada periode kedua pemerintahan Jokowi tersebut juga terkait dengan evaluasi kinerja menteri setelah berjalan selama lebih satu tahun. Salah satu poin utama evaluasi adalah kinerja para menteri dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Terkait poin tersebut, tiga orang sumber Katadata.co.id menyebut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bakal diganti. “Calon yang disiapkan diharapkan bisa mempercepat penanganan pandemi, khususnya vaksinasi.”

Calon kuat penggantinya adalah Budi Gunadi Sadikin. Sejak Juli lalu, Wakil Menteri BUMN ini memang terlibat aktif menangani pandemi Covid-19 sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional. “Tidak harus doketr untuk menjadi Menteri kesehatan. Nanti akan didampingi oleh wakil menteri,” kata sumber tersebut.

Perombakan kabinet disebut-sebut juga menyasar kursi Menteri Agama dan Menteri Perdagangan. Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi disebut-sebut akan menjabat Menteri Perdagangan baru pengganti Agus Suparmanto. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini memang sempat menjadi calon kuat menteri saat penyusunan kabinet tahun 2019 lalu.

Selain Lutfi, Mahendra Siregar juga dikabarkan menjadi calon kuat Menteri Perdagangan. Wakil Menteri Luar Negeri dan mantan Dubes RI untuk AS ini dianggap cocok menahkodai perdagangan Indonesia di tengah ancaman perang dagang dan tren kerja sama ekonomi komprehensif di dunia, karena memiliki kecakapan di bidang keuangan, perdagangan, dan investasi.

Untuk menggantikan kursi Menteri Perdagangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dikabarkan akan mendapat posisi Menteri Agama. Nama yang santer disebut adalah Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) Yahya Cholil Staquf. Nama lainnya adalah Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Dua nama ini pun pernah menjadi calon Menteri Agama saat penyusunan awal kabinet tahun lalu.

Selain enam kursi menteri tersebut, menurut sumber Katadata.co.id, tidak tertutup kemungkinan adanya perubahan atau penggantian pos menteri lainnya. “Waktu reshuffle pekan ini juga bisa mundur karena belum semua pihak firm,” katanya.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement