Bantuan Korporasi Berlanjut, Adaro Sumbang Ambulans untuk Satgas Covid

Bantuan para pengusaha itu merupakan wujud nyata dari kolaborasi "Pentahelix" atau lima kekuatan dalam menangani pandemi yakni pemerintah, masyarakat, para akademisi, dunia usaha, dan media.
Redaksi
Oleh Redaksi
29 Maret 2021, 20:08
kasus covid-19, pandemi, adaro
Katadata
Adaro menyumbangkan bantuan untuk operasional ambulans Satgas Covid.

Dunia usaha masih berlanjut memberikan bantuan dalam penanganan pandemi. Salah satunya PT Adaro Energy Tbk (Adaro) yang menyumbangkan bantuan senilai total Rp 2,75 miliar untuk operasional ambulans Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pada Senin (29/3) di Jakarta.

Presiden Komisaris Adaro Edwin Soeryadjaya mengatakan Adaro mendukung pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. "Selama setahun ini Adaro telah bersinergi dengan BNPB serta berbagai pihak agar dapat mengatasi dan mempercepat penanggulangan Covid-19," kata Edwin dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id.  

Bantuan yang disalurkan merupakan bagian program “Adaro Berjuang untuk Indonesia” yang telah diserahkan perusahaan tahun lalu, yaitu berupa insentif SDM tenaga kesehatan, operasional ambulans dan APD tenaga medis. Sejak Maret 2020 sampai dengan 28 Februari 2021, mobil ambulans tersebut telah membantu pengantaran lebih dari 19.000 pasien secara gratis di Jabodetabek.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengapresiasi kontribusi dunia usaha dalam penanganan pandemi. Bantuan para pengusaha itu merupakan wujud nyata dari kolaborasi "Pentahelix" atau lima kekuatan dalam menangani pandemi yakni kekuatan pemerintah, komunitas/masyarakat, para akademisi, dunia usaha, dan media.

Doni mengatakan selama setahun pandemi Covid-19 ini, terjadi dinamika meningkat dan menurunnya kasus positif. Dalam menghadapi dinamika tersebut, Doni mendorong agar seluruh komponen dapat berkomitmen bersama-sama memutus mata rantai penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 secara kompak.

Selain kekompakan, konsistensi juga menjadi kunci penting penanganan pandemi. Apalagi, kata Doni, hingga saat ini belum ada yang dapat menentukan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

Kasus aktif Covid-19 di Indonesia hingga hari ini bertambah 5.008 orang sehingga akumulasi kasus sebanyak 1.501.093 orang. Jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 kini 1.336.818 orang dan yang meninggal menjadi 40.581 orang.

Advertisement

Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait