Ketua Baru Terpilih, Forum Pemred Perjuangkan Jurnalisme Berkualitas

Image title
14 September 2021, 20:44
Forum Pemred, jurnalistik, pers
Katadata
Rapat Anggota Forum Pemred digelar secara virtual pada Senin (13/9).

Rapat Anggota Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred) memilih secara aklamasi Arifin Asydhad sebagai Ketua Dewan Pengurus Forum Pemred periode 2021-2024. Selain itu, Kemal E Gani terpilih sebagai Ketua Dewan Penasihat dan Herbert Timbo Siahaan sebagai Ketua Dewan Pengawas.

Arifin Asydhad yang merupakan Sekretaris Forum Pemred 2018-2021,  menyampaikan bahwa peran Forum Pemred sangatlah kuat dalam memperjuangkan kemerdekaan pers dan menghasilkan produk-produk jurnalistik yang berkualitas. Karena itu, posisi Forum Pemred yang independen dan steril dari kekuasaan harus dijaga dengan baik.

Asydhad mengatakan Forum Pemred merupakan perhimpunan terhormat, karena kumpulan para pemimpin redaksi yang sudah teruji dalam aktivitas-aktivitas jurnalisme.

"Setiap pemred pasti punya pemikiran berbeda, namun saya yakin ada satu titik kita akan memiliki isu yang sama untuk kita perjuangkan bersama,” kata Asydhad yang menjabat pemimpin redaksi Kumparan, dikutip dari siaran pers, Selasa (14/9).  

Asydhad berharap para pemred bisa bersedia bersama-sama di kepengerusan tiga tahun mendatang. Dia mengajak pengurus merancang program untuk mencapai tujuan-tujuan seperti yang tertuang dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. "Sesuai aturan, pengurus haruslah pemred aktif atau memiliki jabatan setara dan  tidak merangkap jabatan di pemerintahan, BUMN, BUMD, maupun partai politik. Kita harus memegang komitmen ini,” kata dia.

Adapun Kemal Gani, yang merupakan Pemimpin Redaksi SWA, berharap ke depan Forum Pemred bisa terus menjaga integritas, kredibitas dan kebersamaan, demi terwujudnya ekosistem media nasional yang lebih baik dan jurnalisme yang berkualitas.

Dia mengatakan selama tiga tahun terakhir, Forum Pemred berusaha membangun fondasi-fondasi, seperti menyempurnakan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, membuat fondasi platform iklan digital nasional, bekerja sama dengan Dewan Pers dan Task Force Media Sustainability.

"Semoga itu semua bisa menjadi modal yang bagus untuk Forum Pemred dalam menegakkan integritas dan kredibilitas dan terus berperan lagi untuk tujuan-tujuan mulia dalam menegakkan demokrasi di negeri kita,” kata Kemal yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Forum Pemred 2018-2021.

Sedangkan Timbo Siahaan, yang merupakan Pemimpin Redaksi JakTV, menyatakan akan berusaha menjalankan perannya sebaik mungkin sebagai Ketua Dewan Pengawas. "Saya akan pertanggungjawabkan, saya akan berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Saya agak keras (dalam mengawasi),” kata Timbo.

Suryopratomo, yang saat ini menjadi Dubes RI di Singapura mengapresiasi Dewan Pengurus yang sudah bekerja selama tiga tahun terakhir. Dia mengingatkan pentingnya regenerasi kepemimpinan. “Saya sengaja mengangkat cerita Apple untuk menujukkan memang kita tidak perlu khawatir dalam melihat masa depan, karena pada masanya akan ada orang-orang yang mampu memimpin organisasi menjadi lebih baik,” kata Tommy.

Tommy mengingatkan tantangan Forum Pemred ke depan. “Kita membentuk Forum Pemred untuk saling berbagi bagaimana mengembangkan jurnalisme yang baik, yang membawa media memainkan peran seperti yang diharapkan,” ujar Tommy, yang mantan Pemred Harian Kompas dan juga mantan Direktur Pemberitaan Metro TV.

Rapat Anggota Forum Pemred digelar secara virtual pada Senin (13/9), dihadiri 54 anggota dari 64 anggota Forum Pemred. Mayoritas para  anggota merupakan pemimpin redaksi dari 50 media arus utama yang berpusat di Jakarta maupun daerah.

Rapat ini beragenda tiga hal: pembahasan dan penetapan perubahan Anggaran Dasar, laporan pertanggungjawaban Forum Pemred 2018-2021, dan pemilihan ketua dewan pengurus, ketua dengan penasihat, dan ketua dewan pengawas.

Selain memilih ketua Dewan Pengurus, ketua Dewan Penasihat, dan ketua Dewan Pengawas periode 2021-2024, Rapat Anggota juga menyetujui perubahan Anggaran Dasar yang merupakan penyempurnaan dari Anggaran Dasar sebelumnya. Rapat juga menyetujui laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus periode 2018-2021.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait