Mamduh M. Hanafi, Peneliti dan Penulis Best Seller Buku Teks Akademis

Mamduh M. Hanafi angkat topik Model Perhitungan Premi Asuransi Deposito Berbasis Risiko: Pendekatan Teori Penilaian Opsi
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata
22 September 2018, 15:53
LPS Research Fair 2018
Katadata

Penelitian Direktur Center for Financial Market Studies Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), Mamduh M. Hanafi Dr., M.B.A. dan tim terpilih sebagai salah satu finalis kompetisi LPS Call for Research. Riset mereka berjudul Model Perhitungan Premi Asuransi Deposito Berbasis Risiko: Pendekatan Teori Penilaian Opsi.

Mamduh mulai terjun ke dunia penelitian sejak 1992 dan telah menghasilkan puluhan riset, terkait topik valuasi bisnis dan keuangan perusahaan.  Pada 2017 risetnya yang berjudul Ownership Structure and Firm Performance: Evidence in The Subprime Crisis Period, dipublikasikan di The International Journal of Business in Society, Emerald. Tahun yang sama, karyanya  berjudul  Trading Performance of Foreign and Domestic Investors: Evidence in Indonesia in the Crisis and Recovery Periods, terpilih sebagai makalah terbaik untuk kategori manajemen, di konferensi internsional bisnis, ekonomi, dan ilmu sosial yang diselenggarakan di Solo.

Mamduh yang juga wakil dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia FMIPA UGM menulis sembilan buku termasuk buku-buku teks akademis dan semuanya best seller.  Buku pegangan mahasiswa tersebut antara lain berjudul Apakah Pasar Menghargai Etika dan Moral? (2017) dan Manajemen Keuangan: Pendekatan Terstruktur untuk Penciptaan Nilai (2012) serta Modul Manajemen Risiko untuk Universitas Terbuka.

Selain topik valuasi bisnis dan keuangan perusahaan, Mamduh juga meriset dan menulis tentang saham berjudul Essays on Foreign and Domestic Investors A Case Study in The Jakarta Stock Exchange, Ownership Concentration, Institutional Ownership, and IPO Underpricing: Evidence from Indonesia Stock Exchange. Tak hanya itu, Wakil Presiden IFA ini, menjadi reviewer untuk  jurnal di UGM, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Journal of Indonesian Economy and Business.

Dalam LPS Call for Research kali ini, Mamduh dibantu Dr. Gunardi, M.Si., Lektor Kepala di UGM.. Dr. Gunardi telah menghasilkan riset berjudul Penentuan Premi Asuransi Jiwa Unit Link Berdasarkan Opsi Indonesia (2013), Penentuan Premi Reasuransi untuk Asuransi Kerugian (2013). Dr. Gunadi telah menghasilkan 10 riset ekonomi semenjak 2017.  

Sosok lain yang tergabung dalam penelitian bersama untuk LPS,  adalah Dr. Abdurakhman, S.Si., M.Si. Ia adalah  lulusan program doktoral bidang matematika UGM yang telah meneliti semenjak 2012. Artikel-artikel Dr. Abdurakhman dipublikasikan di sejumlah jurnal nasional dan internasional.  Buku akademis setebal 315  berjudul Pengantar Matematika Aktuaria adalah karya Dr. Abdurakhman yang ditulis pada 2014.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait