Harga Minyak Terkerek Seiring Kabar Pengembangan Antivirus Corona

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2020, 09:20
harga minyak, virus corona, tiongkok
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi kilang minyak PT Pertamina (Persero). Harga minyak dunia hari Kamis (6/2) naik seiring kabar pengembangan vaksin virus corona

Harga minyak mentah dunia hari Kamis (6/2) terkerek setelah adanya laporan di sejumlah media yang menyatakan para ilmuwan sedang mengembangkan vaksin untuk mengobati virus corona. Kenaikan juga didukung oleh organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) yang mempertimbangkan pemangkasan produksi guna mengatasi potensi tekanan harga minyak global.

Dikutip dari Bloomberg pada pukul 7.49 WIB hari ini (6/2), harga minyak Brent untuk kontrak April 2020 naik 2,45% ke level US$ 55,28 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Maret 2020 naik 0,61% menjadi US$ 51,06 per barel.

Advertisement

Sejauh ini, wabah tersebut telah menewaskan hampir 500 orang serta membuat aktivitas ekonomi global dan permintaan minyak terbebani. Sedangkan perusahaan minyak Tiongkok yakni Sinopec juga memangkas produksinya karena turunnya permintaan akibat wabah ini.

“Orang dapat melihat seberapa baik solusi medis atau indikasi bahwa kita telah mencapai titik balik dalam perkembangan wabah virus,” kata analis BNP Paribas Harry Tchilinguirian dilansir dari Reuters, Kamis (6/2).

(Baca: Efektif Lawan SARS dan MERS, Uji Klinis Antivirus Corona Dimulai)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement