Industri

27 Januari 2018

Kereta Buatan Indonesia Diminati Dunia

Belum lama ini, PT Industri Kereta Api (INKA) menandatangani kontrak pengadaan kereta dengan Philippine National Railways (PNR) senilai Rp 127,3 miliar. Nantinya, INKA akan mengirimkan dua train set kereta rel diesel (KRD).

\n

Kerja sama dengan Filipina menambah daftar negara yang telah memakai kereta made in Indonesia. Sebelumnya, INKA telah mengekspor kereta ke Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Bangladesh. Perusahaan asal Madiun, Jawa Timur ini, bahkan memenangi tender kedua pengadaan 250 kereta untuk Bangladesh.

\n

Selain pasar Asia, INKA yang berdiri sejak 1981, mulai melebarkan sayap bisnisnya ke benua Afrika. Sejumlah negara masuk dalam radar ekspansi perusahaan seperti Nigeria dan Zambia.

\n

Menurut Pelaksana Tugas Direktur Utama PT INKA M Nur Sodiq, perusahaan tengah menjajaki kerja sama pengadaan 30 lokomotif diesel elektrik dengan Zambia. Nilai kontraknya mencapai Rp 1,3 triliun. Sementara dengan Nigeria, menteri transportasi dari negara tersebut telah melakukan kunjungan langsung untuk melihat berbagai jenis kereta yang diproduksi INKA.