Digital

12/2/2019, 13.32 WIB

Kunci Kesuksesan Tokopedia “Tak Takut Gagal”

Berani gagal adalah salah satu kunci sukses Tokopedia. Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengutip Carol Dweck, profesor psikologi dari Universitas Stanford, bahwa pola pikir manusia terbagi dua: fixed mindset dan growth mindset.

\r\n

Fixed mindset adalah pola pikir yang percaya kecerdasan itu bawaan lahir. Sedangkan growth mindset memandang kecerdasan itu adalah proses. Dari dua kutub pemikiran itu, William mengatakan, Tokopedia memilih untuk berpegang pada proses.

\r\n

“Perjalanan Tokopedia sampai hari ini adalah di setiap cabang permasalahan tersebut, kami punya pilihan. Kami bisa memilih kami bisa, kami bisa memilih kami tidak bisa,” kata dia dalam acara bincang-bincang di Indonesia Economic Day 2019, 31 Januari lalu.

\r\n

“Di titik kami menentukan kami bisa atau tidak bisa, dua-duanya kami benar. Jadi kami selalu memilih kami bisa. Hanya saja mungkin caranya kami belum tahu.”

\r\n

Dari pola pikir berproses tersebut, William berpandangan, kegagalan adalah sesuatu yang wajar terjadi.

\r\n

“Kegagalan itu adalah modal bahwa akhirnya kami tahu bahwa ada sebuah gang buntu, maka kita bisa cari jalan lainnya. Tapi pada akhirnya pasti ada jalannya.”