Nasional

26/7/2019, 09.00 WIB

Manuver Elite Politik saat Jokowi Menyusun Kabinet Baru

Elite politik melakukan sejumlah manuver menjelang pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Tokoh-tokoh politik dari kedua kubu yang bersaing melakukan pertemuan. Begitu pula politisi dari Koalisi Indonesia kerja (KIK) pendukung Jokowi.

Senin (22/7) lalu empat ketua umum partai KIK menggelar pertemuan di kantor Partai Nasdem. Mereka antara lain, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Pertemuan KIK ini digelar tanpa dihadiri pimpinan PDIP.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri justru mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada hari Rabu (24/7) siang yang merupakan oposisi KIK. Sementara pada hari yang sama di tempat berbeda Surya Paloh justru bermanuver mengadakan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sejumlah manuver elite politik ini memunculkan spekulasi soal dinamika koalisi dan konstelasi politik menjelang dilantiknya pasangan Jokowi-Ma'ruf menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 pada Oktober nanti.