Bisnis

13/8/2019, 07.50 WIB

Katadata Talkshow: Membidik Potensi Pasar di Bisnis Halal

Bisnis halal terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Dari data Thomson Reuters, belanja produk barang dan jasa penduduk muslim mencapai US$ 1,9 triliun di dunia pada 2015. Pengeluaran terbesarnya untuk kebutuhan makanan dan minuman yang mencapai US$ 1,2 triliun. Kemudian diikuti belanja pakaian US$ 243 miliar, media dan rekreasi US$ 189 miliar.

Pertumbuhan ini seiring dengan peningkatan jumlah penduduk muslim. menurut Pew Research Centre, populasi muslim pada 2015 mencapai 1,8 miliar jiwa atau 24,1 persen dari total populasi dunia.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar berpotensi untuk meningkatkan pasar produk halal. Apalagi semakin meningkatnya kesadaran masyarakat mengonsumsi produk-produk halal. Perkembangan ini menjadi peluang yang dapat ditangkap pelaku bisnis di tanah air. Sinergi antara pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya diharapkan menjadi pondasi untuk saling menguatkan industri halal di Indonesia.

Katadata.co.id melakukan dialog bersama M. Faisal dari Center of Reform on Economics (CORE) untuk mengulas potensi bisnis halal ini.