Pertanian

13/2/2020, 14.12 WIB

Video IDE Katadata 2020: Kontribusi Pertanian dalam Industrialisasi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memaparkan dalam IDE Katadata 2020, sektor pertanian saat ini baru memberikan kontribusi 1 persen kepada pertumbuhan ekonomi. Diharapkan kontribusinya bisa hingga 1,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Tantangan lain adalah semakin menciutnya lahan pertanian dan ketergantungan terhadap impor pangan sehingga turut memicu defisit neraca dagang.

Menjawab tantangan tersebut, pemerintah terus mendorong industrialisasi pertanian. Sejumlah pemerintah daerah pun mulai menggalakkan industrialisasi pertanian lewat pemanfaatan sistem dan teknologi. Penerapan teknologi dengan konsep pertanian cerdas (smart farming) dan big data akan dapat meningkatkan hasil (kualitas dan kuantitas) produksi pangan dan efisiensi penggunaan sumber daya.

Presiden Jokowi juga mendorong petani berfokus pada kegiatan pascaproduksi atau pengolahan dan komersialisasi hasil pangan. Peluangnya terbuka lebar dengan memanfaatkan tren toko online. Dengan begitu, petani bisa bertransformasi menjadi pengusaha. Bagaimana dukungan pemerintah untuk mewujudkan industrialisasi pertanian tersebut?