Imbas Corona, Ramayana Tutup Gerai, PHK & Rumahkan Pekerja di Dua Kota

Image title
Oleh Ekarina
8 April 2020, 17:30
Bisnis Lesu Akibat Corona, Ramayana Tutup Gerai & PHK Puluhan Karyawan.
commons.wikimedia.org
Gerai Ramayana Department Store. Ramayana menutup gerainya di Depok dan merumahkan karyawan di Tanjung Pinang.

Pandemi corona memberikan tekanan terhadap perusahaan retail yang berujung penutupan gerai dan pemutusan hubungan kerja (PHK). PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) dikabarkan menutup secara permanen sebuah gerainya di Depok, Jawa Barat dan merumahkan ratusan karyawan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

PHK karyawan di Ramayanan Depok tersebar dalam video yang viral di media sosial.  Tampak karyawan perempuan berpakaian seragam abu-abu berpelukan menangisi nasib pemecatan mereka.

"Isak tangis menyelimuti suasana Karyawan Ramayana Depok Jawa Barat yang terkena PHK dampak Pandemi Covid-19," tulis akun @ndorobeii dalam video postingannya yang dilihat 152 ribu kali dan disukai 16 ribu orang ini.

(Baca: Sebanyak 5.047 Buruh di Jawa Barat Kena PHK Imbas Pandemi Covid-19)

Katadata.co.id menghubungi sekretaris perusahaan Ramayana, Setyadi Surya dan juga Direktur Keuangan Suryanto. Namun, hingga berita ini ditulis, keduanya belum memberikan jawaban.

Dikutip dari Detik.com, Store Manager Ramayana City Plaza Depok M Nukmal Amdar membenarkan mengenai PHK atas 87 karyawan di gerai retail tersebut. PHK karyawan dilakukan karena perusahaan menutup gerai mulai April 2020 di City Plaza Depok.

Penjualan Ramayana merosot sejak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia awal Maret lalu.Omzet Ramayana di gerai tersebut merosot 40% dan terakhir sebelum ditutup bahkan anjlok hingga 80%. Padahal, sebelum adanya temuan kasus Covid-19 pertama di Indonesia, penjualan perseroan masih stabil.

(Baca: Mal Sepi & Tutup Imbas Corona, Pengusaha Minta Insentif ke Pemerintah)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...