Riza Patria Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta Pengganti Sandiaga Uno

Riza Patria mendapatkan suara terbanyak mengalahkan rivalnya dari PKS.
Image title
6 April 2020, 13:02
Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta
Dok. Ahmadrizapatria.com
Ahmad Riza Patria, Ketua DPP Partai Gerindra, terpilih sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Politisi Partai Gerindra, Riza Patria terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno, untuk periode hingga 2022. Riza  terpilih dengan mendapatkan suara sebanyak 81 dari 106 anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Riza mengalahkan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang hanya mendapatkan 17 suara. Sebanyak dua suara tak sah dalam pemilihan ini.

(Baca: DPRD DKI Jakarta Pilih Wagub Hari Ini Lewat Rapat Tatap Muka)

Pemilihan pasangan Gubernur Anies Baswedan ini berlangsung secara tatap muka dan disiarkan secara langsung melalui akun Youtube resmi Pemprov DKI Jakarta. Dalam proses pemilihan, seluruh anggota DPRD yang hadir menggunakan masker dan melakukan pembatasan sosial yang telah direkomendasikan Kementerian Kesehatan.

"Berdasarkan hasil pemungutan suara Ahmad Riza menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih sisa jabatan 2017 - 2022," kata pimpinan rapat paripurna Prasetio Edi Marsudi di Jakarta, Senin (6/4).

(Baca: Anies Minta Sri Mulyani Cairkan Dana Rp 7,5 T untuk Tangani Corona)

Prasetio mengatakan, hasil pemungutan suara tersebut telah disetujui oleh semua anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta yang hadir dalam rapat paripurna. Selanjutnya, hasil paripurna akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri.

"Hasil pemilihan ini akan disampaikan pada Presiden RI melalui Kemandagri. Akhirnya DPRD Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan seluruh agenda rapat paripurna," kata dia.

Sebelumnya, beberapa anggota dewan mengusulkan untuk menunda pemilihan calon pasangan Anies Baswedan lantaran terjadi pandemi corona. Usulan tersebut salah satunya datang dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi yang meminta semua orang termasuk anggota dewan untuk mementingkan keselamatan bersama.

Advertisement
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait