Menteri Perhubungan Budi Karya Positif Terinfeksi Corona

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi teridentifikasi positif corona atau Covid-19.
Yuliawati
14 Maret 2020, 21:03
Menhub Budi Karya sumadi melakukan pengecekan kesiapan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020). Menhub memastikan segala kesiapan terkait pemulangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang akan diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Menhub Budi Karya sumadi melakukan pengecekan kesiapan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020). Menhub memastikan segala kesiapan terkait pemulangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang akan diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi pasien nomor 76 yang teridentifikasi positif virus corona atau Covid-19. Menteri Sekretaris Negara Pratikno bersama  Wakil Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) Gatot Subroto Albertus Budi Sulistio menyampaikan informasi ini.

"Saya selaku wakil rumah sakit mendapat izin dari keluarga dan petinggi untuk mengumumkan hal ini," kata Albertus di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Sabtu (14/3).

(Baca: Menhub Rapat di Istana & Ketemu Menteri Belanda sebelum Positif Corona)

Albertus menjelaskan awalnya Budi Karya dirawat dengan penyakit penyerta di rumah sakit swasta. Kemudian Budi mengalami sesak napas dan pihak medis memeriksa lebih lanjut penyakitnya termasuk memeriksa tes corona. Budi Karya mendapat perawatan di ruang isolasi. Saat ini pihak medis memasang alat bantu napas untuk Budi Karya.

Advertisement

"Tadi sore sudah ada perbaikan. Beliau salah satu pejabat yang banyak melakukan kunjungan di tempat vital," kata Albertus.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan kondisi kesehatan Budi karya semakin baik. "Alhamdulilah kami kerja keras agar semakin sehat dan pasien-pasien lain juga," kata dia.

(Baca: Luhut Gantikan Posisi Menteri Budi Karya yang Positif Corona)

Sebelum sakit, Budi mengunjungi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Senin malam, 2 Maret 2020. BIJB merupakan tempat evakuasi 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess. Para ABK telah dinyatakan sehat sehingga bisa dipulangkan dari Yokohama, Jepang.

Hingga kini, jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia sebanyak 96 atau bertambah 27 kasus dari sehari sebelumnya.

Jumlah temuan kasus infeksi virus corona alias Covid-19 terus bertambah. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan telah terdapat 96 kasus sejauh ini, atau bertambah 27 kasus dari sehari sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "96 Orang Positif Corona, Potensi Sebaran Meluas ke Berbagai Daerah" , https://katadata.co.id/berita/2020/03/14/96-orang-positif-corona-potensi-sebaran-meluas-ke-berbagai-daerah
Penulis: Martha Ruth Thertina
Editor: Martha Ruth Thertina

(Baca: 96 Orang Positif Corona, Potensi Sebaran Meluas ke Berbagai Daerah)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait