Hasil Uji Laboratorium Pasien ke-6 Corona Sempat Negatif

Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 05:00
ABK Diamond Princess, corona di indonesia
ANTARA FOTO/HO/KBRI Tokyo
Petugas kesehatan menyemprotkan cairan disinfektan kepada WNI ABK Diamond Princess dan barang bawaan saat turun dari kapal di Yokohama, Jepang, Minggu (2/3/3030). Pemerintah mengevakuasi 69 WNI ABK Diamond Princess yang dinyatakan negatif COVID-19 untuk dipulangkan ke tanah air dan diosevasi di pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

Satu dari 19 pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia tertular wabah saat berada di kapal pesiar Diamond Princess. Pasien ini sempat menjalani isolasi bersama 68 kru Diamond Princess lainnya di KRI Soeharso saat dipulangkan dari Jepang.

Uji laboratorium pertama kali pada pasien ke-6 dengan menggunakan polymerase chain reaction (PCR), hasilnya menunjukkan negatif virus corona. Tim kesehatan kemudian memeriksa ulang dengan menggunakan metode genome sequencing dan menunjukkan pasien positif Covid-19.

"Begitu kami temukan positif, maka sepanjang mereka berada di KRI Suharso, yang bersangkutan ini sudah kami isolasi," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3).

(Baca: 19 Pasien Positif Corona di Indonesia, Kondisi Kesehatannya Beragam)
 
Saat ini, pasien 6 telah diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta. Pemeriksaan kepada 68 anak buah kapal (ABK) Diamond Princess lainnya pun terus dilakukan. Seperti halnya pasien nomor 6, hasil tes awal menunjukkan negatif Covid-19.

Pemerintah akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap mereka. "Yang (68) ABK Diamond Princess, kami tetap melakukan pemeriksaan," kata Yurianto.

Sebanyak 68 kru Diamond Princess kini sedang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta. Mereka akan diobservasi selama 14 hari di sana. Hingga kini, penumpang dan kru Diamond Princess yang positif corona sebanyak 696 orang yang telah menyebabkan tujuh orang meninggal dunia.

Selain penularan di Diamond Princess, kasus positif corona di Indonesia terjadi melalui penyebaran pasien 01 yang bertemu dengan koleganya asal Jepang yang terinfeksi corona. Sebanyak tujuh dari 19 pasien diketahui tertular Covid-19 setelah berkunjung dari tiga negara berbeda yang bukan episentrum corona.

Kasus corona di seluruh dunia telah menjangkiti 114.045 orang dengan jumlah kematian 4.003 orang. Corona telah menyebar lebih dari 100 negara. Terbanyak di daratan Tiongkok sebanyak 80.739 kasus dengan jumlah kematian 3.120 orang. Episentrum selanjutnya di Italia dengan jumlah kasus positif corona sebanyak 9.172 dengan kematian 463 orang.

Advertisement

(Baca: Strategi Jerman Hadapi Lebih 1.000 Kasus Positif Corona Tanpa Kematian)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement