Australia Bersiap Virus Corona Jadi Pandemi Global

Yuliawati
Oleh Yuliawati
27 Februari 2020, 16:01
virus corona, pandemi
ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli
Turis menggunakan masker pelindung saat berjalan di Colosseum di Roma, Italia, Selasa (25/2/2020).

Pemerintah Australia mengumumkan beberapa langkah tanggap darurat menghadapi kemungkinan virus corona baru atau covid-19 berubah status menjadi pandemi global. Hingga kini Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO masih memberikan status wabah untuk penyebaran virus corona.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan pemerintahnya bersiap menghadapi status pandemi corona setelah virus menyebar luas ke banyak negara di luar Tiongkok.

"Kami percaya risiko pandemi global sangat mungkin terjadi. Sebagai pemerintah, kami perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mempersiapkan pandemi semacam itu," kata Morrison seperti dikutip dari Guardian, Kamis (27/2).

(Baca: Tiongkok Berikan Rp 20 Juta Bagi Penduduk yang Terinfeksi Virus Corona)

Beberapa langkah tanggap darurat yang disiapkan Australia yakni menyiapkan sistem kesehatan, menyediakan obat kritis, pemantauan terhadap kunjungan dari luar negeri, pembatasan penerbangan hingga menyiapkan strategi pendidikan.

Seperti dikutip dari BBC.com, pandemi adalah infeksi penyakit yang mengancam banyak orang di dunia secara simultan. Contohnya, pandemi flu babi (swine flu) pada 2009 yang diperkirakan menewaskan ratusan ribu orang di dunia.

(Baca: Korban Corona Terus Bertambah, Ini Beda Wabah, Epidemi, dan Pandemi)

Pandemi kemungkinan besar terjadi ketika virus baru mampu menginfeksi manusia dengan mudah dan menyebar melalui penularan dari manusia ke manusia. Corona virus memenuhi seluruh persyaratan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...