Survei Katadata: Prabowo Jadi Menteri Naikkan Kepercayaan Investor

Image title
22 Januari 2020, 19:20
KIC, investor, survei katadata
Amalia Afifah|KATADATA
Presentasi survei Katadata Insight Center (KIC) terhadap 288 investor institusi.

Tingkat kepercayaan terhadap stabilisasi kondisi politik dalam negeri meningkat tercermin dari survei Katadata Insight Center (KIC)  terhadap 288 investor institusi. Salah satu penyebabnya yakni Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

"Investor melihat, Indonesia memiliki kemampuan untuk menyelesaikan perselisihan, meski perselisihan (saat Pilpres) kan panas banget," kata Panel Ahli KIC Wahyu Prasetyawan dalam konfrenesi pers di Jakarta, Rabu (22/1). Hasil lengkap survei ini dapat diakses pada tautan: https://kic.katadata.co.id/investor

Advertisement

Dari hasil survei pada kuartal IV 2019 sebanyak 84,4% investor institusi percaya akan kestabilan kondisi politik dalam negeri. Padahal di kuartal sebelumnya, hanya 69,5% dari investor yang percaya akan kestabilan politik di dalam negeri.

(Baca: Kepercayaan Investor Institusi Turun Selama 2019 Akibat Ekonomi Global)

Sebaliknya, persentase investor yang menilai kondisi politik di dalam negeri tidak stabil makin menipis. Pada kuartal IV 2019 hanya 0,7% investor yang menyatakan kondisi politik tidak stabil, padahal pada kuartal sebelumnya persentasenya masih 8,8%.

Wahyu menyatakan bergabungnya Prabowo ke dalam pemerintah, membuat investor menganggap kondisi politik lebih stabil di kalangan elit. Pada saat masa kampanye hingga keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) perseteruan para elite politik mengkhawatirkan para investor.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement