Kompensasi Korban Minyak Blok ONWJ Tersendat, Pertamina Butuh Cek Data

Image title
21 Januari 2020, 14:10
dana kompensasi, blok ONWJ
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Nelayan melintas di sekitar lokasi yang terkena tumpahan minyak dari sumur PHE ONWJ di Pesisir Pantai Bungin, Karawang, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

Para korban tumpahan minyak Blok ONWJ milik Pertamina Hulu Energi (PHE) mengeluhkan pembayaran kompensasi yang tersendat. Korban yang sebagian dari Karawang hingga Januari 2020 hanya menerima pembayaran tahap pertama sebesar Rp 1,8 juta. Pertamina belum merealisasikan janji pembayaran kompensasi tahap kedua.

Salah seorang nelayan Karawang, Ahmad Fanani, menjelaskan pembayaran kompensasi sebesar Rp 1,8 juta dibayarkan selama dua kali sebesar Rp 900 ribu untuk sekali bayar. "Pembayaran kompensasi melalui buku rekening bank dan ATM masing-masing bank, yakni BRI, BNI, MANDIRI," kata pria yang akrab dipanggil Fani kepada Katadata.co.id, Selasa (21/1).

Advertisement

Bahkan ada korban yang belum menerima kompensasi sama sekali, di antaranya Anas Bariningrum, petambak bandeng dan udang dari Pasir Putih, Karawang. Anas berharap agar PHE segera menyalurkan kompensasi dan membenahi daftar korban. "Banyak nelayan yang sudah terdaftar namun belum menerima kompensasi sama sekali," kata Anas.

(Baca: Petaka Tumpahan Minyak, Laut Jawa Tercemar)

Bahkan ia berharap agar PHE juga membantu menebar benih bibit ikan, udang, maupun rajungan agar kegiatan ekonomi para petambak kembali berjalan. Limbah dari tumpahan minyak telah mencemari eksosistem laut di wilayah tersebut, sehingga membuat nelayan kesusahan dalam mencari sumber penghasilan. "Ikan mati dan ekosistem rusak, PHE sebaiknya tebar benih," kata dia.

Sementara itu Direktur Utama PHE Meidawati menjelaskan perusahaan telah membayar kompensasi tahap awal sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Karawang. Adapun pembayaran kompensasi tahap dua masih dalam tahap verifikasi data. Semua data melibatkan pejabat setempat untuk pengecekannya," kata Meidawati.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement