Gerindra Sebut Sepakat dengan PKS soal Calon Wagub Pendamping Anies

Image title
Oleh Antara
20 Januari 2020, 16:04
dua calon wakil gubernur dki jakarta, pks dan gerindra sepakat calon wagub
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik (kiri) bersama Waketum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kanan) memberikan keterangan pers tentang nama calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta di Kantor Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Senin (20/1/2020).

Partai Gerindra mengumumkan dua calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan menjadi pengganti Sandiaga Uno. Dua calon yang diajukan yakni Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan politikus PKS Nurmansjah Lubis. Keduanya berpeluang menjadi pendamping Gubernur Anies Baswedan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan dua nama itu disaring dari empat nama bakal cawagub yang diajukan oleh Gerindra dan PKS. "Surat ini menyatakan telah menyetujui dan mengusulkan dua nama, untuk dijadikan calon wakil gubernur DKI," kata Sufmi di Jakarta, Senin (20/1) mengutip dari Antara.

(Baca: PKS Sebut Belum Sepakat dengan Gerindra soal Wagub DKI Jakarta)

Sufmi menyebutkan bahwa surat keputusan tersebut sekaligus mencabut surat keputusan terdahulu yang mengajukan Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai cawagub DKI.

Sufmi mengatakan kedua pimpinan partai telah menyetujui dan menandatangani surat keputusan. "Surat yang sudah disetujui bersama ini dan telah ditandatangani oleh kedua belah pihak dari unsur pimpinan partai PKS dan Gerindra, pada hari ini resmi saya serahkan kepada DPD Gerindra DKI Jakarta, dan Fraksi Gerindra DKI Jakarta," kata dia.

(Baca: Gubernur Anies: Belum Ada Komunikasi dengan Gerindra Soal Wagub DKI)

Surat keputusan tersebut juga ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Presiden PKS Sohibul Iman dan Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal.

Selain itu, surat juga ditandatangani oleh Ketua DPD Partai Gerindra Mohammad Taufik, Sekretaris DPD Partai Gerindra Husni Thamrin, Ketua DPW PKS Sakhir Purnomo dan Sekretaris Umum DPW PKS Agung Yulianto.

Pemilihan calon wakil gubernur terkatung-katung sejak Sandiaga Uno mundur pada 10 Agustus 2018 untuk mengikuti pemilihan calon wakil presiden 2019. PKS dan Gerindra melalui proses panjang untuk menyepakati dua calon wagub yang akan mendampingi Anies Baswedan.

(Baca: Kosong 16 Bulan, Gerindra dan PKS Segera Umumkan 2 Calon Wagub Jakarta)

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...