PKS Sebut Belum Sepakat dengan Gerindra soal Wagub DKI Jakarta

PKS menyebut telah bersepakat dengan Gerindra soal kursi Wagub DKI Jakarta.
Dimas Jarot Bayu
30 Desember 2019, 17:10
PKS, Gerindra, Wagub Jakarta
ANTARA FOTO/Suwandy
PKS mengklaim belum bersepakat dengan Gerindra terkait calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pendamping Anies Baswedan.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut hingga kini belum bersepakat dengan usulan Gerindra soal pengganti Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta. Juru bicara PKS Ahmad Fathul Bari menyeatakan partainya belum setuju memilih politikus Ahmad Riza Patria sebagai calon Wagub DKI Jakarta.

Gerindra mengusulkan Riza yang merupakan Ketua DPP Gerindra yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR. “Belum ada keputusan resmi, masih melihat berbagai opsi,” kata Fathul ketika dihubungi Katadata.co.id, Senin (30/12).

Fathul mengingatkan kembali perjanjian antara PKS dan Gerindra mengenai pemberian kursi Wagub DKI Jakarta untuk PKS. Jika Gerindra ingkar janji, Fathul menilai partai besutan Prabowo Subianto dipertanyakan konsistensinya oleh publik. “Karena sudah mulai banyak catatan ingkar janjinya,” kata Fathul.

(Baca: Kosong 16 Bulan, Gerindra dan PKS Segera Umumkan 2 Calon Wagub Jakarta)

PKS berharap polemik perebutan kursi berakhir, sebab kursi Wagub DKI Jakarta kosong sejak ditinggalkan Sandiaga Uno mengikuti Pilpres 2019 pada Agustus 2018 lalu.

Fathul mengatakan, salah satu opsi yang muncul adalah menambah nama calon Wagub DKI Jakarta selain dari kader PKS. Saat ini, PKS masih mencalonkan dua nama pengganti Wagub DKI, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Opsi lainnya adalah mendengarkan langsung kebutuhan dan pertimbangan Wagub DKI Jakarta dari Anies. Namun, Anies dianggap kurang aktif membangun komunikasi terkait penentuan Wagub Ibu Kota.

Dia khawatir hal tersebut ditafsirkan bahwa Anies lebih nyaman bekerja sendirian. “Ini kan bisa jadi pertanyaan beberapa pihak yang harus kita bahas bersama juga,” ujar Fathul.

(Baca: Gubernur Anies: Belum Ada Komunikasi dengan Gerindra Soal Wagub DKI)

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik mengatakan, Gerindra menyorongkan Riza sebagai Wagub DKI Jakarta karena dianggap memahami kondisi persoalan di ibu kota.

Menurut Taufik, PKS bakal merestui nama Riza sebagai Wagub DKI mendampingi Anies. "Insya Allah (Ahmad Riza Patria) dipilih,” kata Taufik di Wisma Garuda, Jakarta, Minggu (29/12).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan parlemen akan membentuk Panitia Pemilih untuk memilih Wagub DKI Jakarta yang hingga saat ini masih kosong pada Januari 2020.

Saat ini DPR hanya menerima dua nama dari PKS, yaitu Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Terkait adanya perubahan nama calon yang diusung oleh Partai PKS dan Gerindra, Prasetio mengatakan sudah mendengarnya. Namun hingga saat ini, ia belum mendapatkan informasi atau pemberitahuan kandidat baru yang diusung oleh kedua partai tersebut.

Advertisement

(Baca: Anies Berharap DPRD Baru Selesaikan Persoalan Pemilihan Wagub Jakarta)

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait