Pemenang Desain Ibu Kota Baru Terinspirasi Hutan Kalimantan

Yuliawati
Oleh Yuliawati
23 Desember 2019, 22:06
pemenang desain ibu kota, desain ibu kota baru, Nagara Rimba Nusa
Katadata
Biro arsitek Urban+ memenangkan sayembara desain Ibu Kota baru. Konsepnya adalah Nagara Rimba Nusa yang mengkombinasikan hutan dengan perkotaan. Foto: Dokumentasi Kementerian PUPR

Pemerintah memutuskan desain berkonsep "Nagara Rimba Nusa" sebagai pemenang sayembara rancang bangun  Ibu Kota Negara baru. Arsitek di balik desain yang sarat dengan sentuhan alam tersebut adalah Sofian Sibarani dan kawan-kawan dari Urban+.

Sofian menyatakan desain yang dibuatnya terinspirasi dari hutan belantara yang ada di Kalimantan. Lokasi ibu kota di pulau Borneo dinilai sangat berbeda dengan ibu kota di negara-negara lain.

"Identitas nusa bangsa dan rimba yang dimiliki Indonesia kami padukan menjadi konsep “Nagara Rimba Nusa"," kata Sofian, Senin (23/12) dikutip dari situs pu.go.id.

Sebagai pemenang sayembara, Sofian dan tim berhak menerima piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp 2 miliar. Sedangkan juara kedua dan ketiga dengan desain bertema “The Infinite City” dan “Kota Seribu Galur” masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,25 miliar dan Rp 1 miliar.

(Baca: Jokowi Sebut Desainer Akan Senang Lihat Lokasi Ibu Kota Baru)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan pemenang desain dipilih bukan hanya berdasarkan karya yang baik tapi juga memiliki pembeda dengan negara-negara lain di dunia.

Basuki menegaskan, nantinya, karya dari tiga pemenang pertama akan disinergikan untuk dibuat desain detail ibu kota negara. “Pemenang kedua, contohnya, demikian kuat di perencanaan gedung dan smart tarnsportation. Itu disinergikan dengan pemenang pertama, yang mengadopsi kearifan lokal,” kata Basuki.

Ketiga pemenang akan segera diajak mengunjungi kawasan ibu kota baru dalam dua pekan ke depan untuk melakukan penyesuaian desain terhadap kawasan. Pemerintah menargetkan penyusunan desain detail selesai pada kuartal pertama 2020, dan pelaksanaan konstruksi fisik di Kecamatan Sepaku, sebagai kawasan IKN baru dimulai pada kuartal empat 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...