Ditopang Konsumsi, Bank Mandiri Prediksi Ekonomi 2019 Tumbuh 5,14%

Image title
19 Desember 2019, 20:04
pertumbuhan ekonomi, bank mandiri
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Kendaraan melaju di antara gedung bertingkat di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Tim Ekonomi Bank Mandiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 sekitar 5,14%. Pertumbuhan tersebut bakal ditopang oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang membaik.

Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro mengatakan, tahun depan PMTB bisa tumbuh seiring dengan berakhirnya tahun politik. Selain itu, pemerintah telah merumuskan paket kebijakan terkait peningkatan daya saing dan iklim investasi domestik, seperti Undang-undang Omnibus Law.

"Kami optimistis pertumbuhan ekonomi masih dapat di atas 5% pada 2020," kata Andry dalam paparan bertajuk Economic and Market Outlook 2020 di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (19/12).

(Baca: Permintaan Domestik Kuat, Pertumbuhan Ekonomi 2020 Diprediksi 5,14%)

Meski begitu, Andry menilai gejolak dari perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok masih berisiko terhadap perekonomian dalam negeri. Perang dagang dua negara tersebut bisa berdampak pada penurunan harga komoditas.

Terkait langkah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat yang memutuskan pemakzulan terhadap Presiden AS Donald Trump, Andry menilai peluangnya sangat kecil. Alasannya, proses pemakzulan tersebut masih harus melewati keputusan Senat yang mayoritas diisi oleh pendukung Trump dari Partai Republik.

"Jadi, base line asusmsi kami di ekonomi global adalah masih dengan Presiden Trump sebagai Presiden AS, bahkan sampai dengan 2024," kata Andry.

(Baca: Konsumsi Melambat, Bank Dunia Ramal Ekonomi Tahun Ini Tumbuh 5%)

Sementara itu, faktor positif yang bakal mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan yaitu transmisi kebijakan moneter Bank Indonesia yang akan mulai terlihat. Salah satu kebijakan tersebut seperti pelonggaran aturan Loan to Value (LTV).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...