Awak Kabin Tuding Penyalahgunaan Dana CSR Garuda Indonesia

Image title
17 Desember 2019, 20:19
Garuda Indonesia, IKAGI
ANTARA FOTO/REUTERS/Regis Duvignau/File Ph
Logo Garuda Indonesia terlihat di pesawat Airbus A330 yang terparkir di kantor pusat Airbus di Colomiers dekat Toulouse, Prancis, 15 November 2019.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menemukan dugaan penyalahgunaan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau dana untuk kegiatan Corporate Social Resposibility (CSR) PT Garuda Indonesia Tbk. Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) menyatakan penyalahgunaan dana CSR tersebut diduga untuk kepentingan pemilihan umum IKAGI pada 8-10 September 2019.

Ketua IKAGI Zaenal Muttaqin menjelaskan, mantan Dirut Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danidiputra alias Ari Askhara diduga mentransfer uang Rp 50 juta kepada salah satu karyawan. Tujuannya untuk membentuk IKAGI tandingan, agar pengurus IKAGI sebelumnya dihilangkan.

Advertisement

"Pemilihan yang dibiayai oleh perusahaan itu benar, karena ada bukti transfernya. Ada keterlibatan perusahaan dalam pembentukan IKAGI tandingan versi Achmad Haerawan," kata Zaenal, kepada Katadata.co.id, Selasa (17/12).

(Baca: Erick Thohir Minta Direksi BUMN yang Merugi Gunakan Pesawat Ekonomi)

Selain itu, ia menyebutkan perusahaan turut memfasilitasi pemilihan IKAGI tersebut. Seperti membiayai pemilu serentak di Jakarta, Denpasar, dan Makasar, membayar petugas keamanan, serta menghadirkan seorang influencer. Menurutnya, hal itu menyalahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART).

"Setelah pemilihan, mereka melaporkan seluruh jajaran manajemen ke kementerian, sampai ke beberapa surat afiliasi internasional. Seolah-olah mewakili IKAGI secara sah," kata dia.

Namun, hingga berita ini diturunkan Ketua IKAGI Achmad Haerawan belum menanggapi pertanyaan dari Katadata.co.id.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan sedang mengecek bukti transfer itu  sebesar Rp50 juta kepada manajemen Garuda Indonesia. Dana PKBL atau CSR seharusnya tidak boleh digunakan untuk kegiatan internal seperti pemilihan umum 2019 IKAGI.

(Baca: Punya Proyek di Garuda, Erick: Tak Pilih Kasih, Koruptor Tetap Dicopot)

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement