Heboh Anggaran Besar Lem Aibon dan Bolpoin dalam APBD 2020 DKI Jakarta

Image title
Oleh Antara
30 Oktober 2019, 18:49
anggaran janggal pemprov jakarta
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi. Warga beraktivitas di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menemukan usulan anggaran pengadaan bolpoin yang fantasitis mencapai Rp 123 miliar dalam rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

PSI mengungkapkan kejanggalan anggaran bolpoin, setelah menemukan pengadaan janggal lem aibon mencapai Rp 82,8 miliar di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat Wilayah 1.

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI William Aditya Sarana menemukan anggaran fantastis bolpoin tersebut diajukan oleh Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur.

Advertisement

"Kami juga menemukan adanya sejumlah anggaran janggal lain dalam APBD DKI Jakarta 2020," kata William di Jakarta, Rabu (30/10) seperti dikutip dari Antara.

(Baca: Paling Banyak Buka Lowongan, Pemprov Jakarta Rekrut 3.958 Calon PNS )

William menemukan adanya usulan anggaran pengadaan 7.313 unit komputer dengan harga Rp 121 miliar di Dinas Pendidikan dan beberapa unit server dan storage senilai Rp 66 miliar di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik.

Usulan anggaran tersebut akan melalui pembahasan di komisi DPRD DKI dan nantinya setelah disahkan akan menjadi APBD DKI Jakarta.

Menurut William, itu baru sebagian dari mata anggaran yang mengundang pertanyaan. "Kami sudah ikuti rapat komisi beberapa hari ini dan tiap kali diminta buka detail anggaran, Pemprov selalu mengelak. Apa yang perlu disembunyikan?" kata William.

(Baca: Di Bawah Beijing, Polusi Udara Jakarta Kini di Peringkat 8 Dunia)

William menduga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mengetahui dan memahami isi anggaran kegiatan-kegiatan tersebut.

"Tiap kami temukan sesuatu yang janggal dan kami angkat, nanti dibilang salah input atau tidak tahu-menahu lagi. Jangan-jangan ada banyak yang salah input, tapi tidak diketahui publik karena rinciannya ditutup-tutupi," kata William.

William mengatakan dirinya mengakses usulan anggaran tersebut melalui laman apbd.jakarta.go.id. Namun, belakangan situs tersebut tidak lagi menampilkan usulan anggaran untuk 2020.

(Baca: Pemprov DKI Gandeng 8 Startup Digital Kembangkan Jakarta Smart City)

Sebelumnya, William juga menemukan pengadaan janggal lem aibon sebesar Rp 82,8 miliar di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat Wilayah 1. Namun, pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Saefullah menyatakan tidak akan ada pengadaan lem aibon.

Saefullah mengatakan anak buahnya keliru dalam memasukkan mata anggaran. Dia menyebut anggaran itu harusnya masuk ke dalam Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sekolah.

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement