Paling Banyak Buka Lowongan, Pemprov Jakarta Rekrut 3.958 Calon PNS

Pemprov DKI Jakarta merupakan provinsi yang paling banyak membuka lowongan calon PNS.
Image title
Oleh Antara
29 Oktober 2019, 18:41
PNS, pemprov Jakarta
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Pemprov Jakarta akan membuka lowongan buat ribuan calon Pegawai Negri Sipil (PNS).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka sebanyak 3.958 lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2019.  Lowongan calon PNS untuk tiga bidang yakni pendidikan, kesehatan dan teknis.

"Ada lowongan buat CPNS, biasanya guru, dokter dan akuntan," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (29/10), dikutip dari Antara.

Saefullah, mengatakan pemrpv akan mengalokasikan kuota calon PNS dari kalangan disabilitas. "Itu ada rumusnya, nanti dilihat lagi. Mungkin sekitar hingga 5 persen," kata Saefullah.

(Baca: Periode Kedua Presiden, Jokowi Pangkas Eselon PNS Jadi Dua Tingkat)

Pemerintah membuka alokasi CPNS 2019 sebanyak 152.286 orang. Alokasi CPNS 2019 pemerintah daerah 114.861 orang atau terbesar dibandingkan alokasi CPNS 2019 untuk pemerintah pusat.

Pemprov DKI merupakan provinsi yang paling banyak menerima lowongan CPNS dengan 3.958 orang. Lowongan ini untuk mengisi kekosongan formasi pegawai yang pensiun. Ditambah, sejak 2014-2017 diberlakukan moratorium penerimaan ASN.

"Sempat ada moratorium empat tahun, ini baru tahun kedua perekrutan," ujar Saefullah.

Saefullah mengatakan, para honorer untuk diperlakukan sama dalam proses rekrutmen. Mereka akan melalui proses mengikuti tes yang sama.

(Baca: 7 Tahapan Seleksi CPNS dan Apa Saja yang Harus Disiapkan)

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait