Tito Diplot Jadi Menteri, Jokowi Pilih Ari Dono Jadi Kapolri Baru

Image title
Oleh Antara
22 Oktober 2019, 18:20
Jokowi, Tito Karnavian, Kapolri
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kedua kiri) saat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Selasa, (1/10/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan surat terkait permohonan pengunduran diri Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada pimpinan DPR. Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan surat yang baru diterima pada Selasa siang tersebut menyebutkan Komjen Ari Dono akan menjadi Pelaksana Tugas Kapolri.

"Presiden sudah disampaikan yang akan menjadi Pelaksana Tugas adalah Wakapolri Ari Dono sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri," kata Puan, usai Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/10) seperti dikutip dari Antara.

(Baca: Dipanggil Jokowi ke Istana, Kapolri: Lapor Situasi Keamanan)

Puan menjelaskan, Pimpinan DPR baru menerima Surat Presiden terkait pemberhentian Tito sebagai Kapolri pada Selasa siang, mengingat Tito akan ditugaskan memangku jabatan lain di pemerintahan.

Menurut dia, karena tidak boleh rangkap jabatan dan agar maksimal menjalankan tugasnya, maka Presiden menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Tito.

"Dan tentu saja surat pengunduran diri dari Tito yang menyatakan beliau meminta mengundurkan diri sebagai anggota Polri dan sebagai Kapolri," kata dia.

Advertisement

(Baca: Jadi Jubir Jokowi, Fadjroel Rahman Bakal Rangkap Jabatan di Adhi Karya)

Puan mengatakan, dirinya sempat menerima kedatangan Tito sebelum rapat paripurna, dan yang bersangkutan menyampaikan telah diberikan amanah baru di pemerintahan.

Namun Puan enggan mengungkapkan posisi baru yang akan diemban Tito, karena akan diumumkan Presiden Jokowi pada Rabu (23/10).

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (22/10) menyetujui usulan Presiden Jokowi untuk memberhentikan Jenderal Tito Karnavian sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

"Kami memohon persetujuan kepada dewan apakah dapat disetujui," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta. Seluruh anggota DPR RI yang hadir menyatakan setuju usulan Presiden memberhentikan Tito sebagai Kapolri.

Dia mengatakan alasan pengunduran diri tersebut, karena yang bersangkutan akan mengemban tugas negara dan pemerintahan lainnya.

Puan mengatakan, permintaan pengunduran diri tersebut sesuai surat Presiden Nomor R51 tanggal 21 Oktober 2019 perihal Permintaan pPmberhentian Kapolri.

(Baca: Kakak Cak Imin Bertemu Jokowi Bahas soal Masyarakat Desa)

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement