Laiskodat Mundur, NasDem Ajukan Enggar hingga Plate Jadi Calon Menteri

NasDem menyerahkan kepada Jokowi calon menteri dari berbagai nama yang telah diajukan.
Dimas Jarot Bayu
21 Oktober 2019, 20:25
Mendag Enggartiasto Lukita (kiri) didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5).
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Mantan Menteri Perdagangan Kabinet Jokowi Periode I, Enggartiasto Lukita disebut sebagai salah satu calon yang akan disodorkan Partai Nasdem.

Kader Partai NasDem, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat, menarik diri dari bursa calon menteri kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Meski begitu, NasDem masih menyiapkan beberapa kader yang disodorkan untuk menjadi calon menteri di antaranya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Ketua Fraksi NasDem di DPR Ahmad Ali mengatakan, Jokowi tinggal memilih calon menteri dari berbagai nama yang telah diajukan NasDem. “Pak Jokowi bebas memilih dari sekian kader yang kami miliki,” kata Ali ketika dihubungi Katadata.co.id, Senin (21/10).

(Baca: Victor Laiskodat Batal Jadi Calon Menteri NasDem di Kabinet Jokowi )

Berdasarkan informasi Katadata.co.id, NasDem berupaya agar Enggar masuk kembali ke dalam kabinet Jokowi. Enggar yang menjadi Menteri Perdagangan ini pernah dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi dugaan suap bidang pelayaran yang menjerat Anggota DPR RI Komisi VI Bowo Sidik Pangarso. Hingga panggilan ketiga, Enggar tak kunjung datang.

Selain itu, sempat beredar informasi, Johnny diplot sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Ketika dikonfirmasi, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan dirinya tidak mengetahui kader partainya yang masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.

"Saya belum tahu. Saya belum dapat konfirmasi apapun. Barangkali saya yang paling terakhir tahu," kata Surya Paloh, di area Gedung DPR RI.

(Baca: Prabowo Sebut Gerindra Dapat Dua Jatah Menteri di Kabinet)

Sepanjang Senin (20/10), Presiden Jokowi memanggil beberapa calon menteri, namun belum terlihat yang berasal dari partai NasDem.

Beberapa calon menteri yang menghadap Jokowi di antaranya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, bos Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama Net Mediatama Televisi Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Bahkan dari partai oposisi, Gerindra, dua calon menteri sudah menghadap Jokowi yakni Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo.

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait