Nadiem, Erick Thohir, Mahfud, dan Lutfi Disebut Masuk Kabinet Jokowi

Image title
Oleh Tim Redaksi
20 Oktober 2019, 23:03
kabinet jokowi-Maruf, Nadiem, Erick, Mahfud
Arief Kamaludin|KATADATA
CEO Gojek Nadiem Makarim disebut sebagai kandidat yang mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengumumkan kabinet pemerintahan periode keduanya pada Senin (21/10). Selain beberapa menteri dari kabinet kerja dan perwakilan partai politik, Jokowi mengangkat beberapa wajah baru dari kalangan profesional dan orang yang telah berjasa kepada Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dhimpun Katadata.co.id, beberapa nama beken dari kalangan profesional hampir pasti menjadi menteri baru di kabinet Jokowi. Mereka adalah Erick Thohir, Mahfud MD, Nadiem Makarim, dan Muhamad Lutfi.

Advertisement

Baru-baru ini Erick mengunjungi istana. Usai bertemu dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada Kamis (17/10), dia mengaku siap bila diminta menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan atau Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN).

(Baca: Jelang Pengumuman Kabinet Baru, Calon Menteri dari Parpol Mengerucut)

Erick menilai pimpinan di KSP atau KEIN memerlukan sosok profesional seperti dirinya. Dua lembaga tersebut bertugas memantau dan mengevaluasi sistem ketimbang melakukan hal-hal teknis. “Hal yang positif (dari KSP dan KEIN), merupakan bagian dari advisor untuk merapikan sistem,” katanya.

Namun, belakangan, nama Erick malah disebut-sebut akan mengisi pos Menteri BUMN. "Erick diarahkan untuk Menteri BUMN," kata seorang sumber Katadata.co.id di pemerintahan, akhir pekan ini.

Sementara itu, Mahfud MD digadang-gadang sebagai Menteri Agama sejak pertangahan tahun lalu. Ketika dikonfirmasi kala itu, dia menyatakan belum ada pembicaraan resmi.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin menyebutkan munculnya nama Erick dan  Mahfud karena keduanya berjasa kepada Jokowi. Mahfud pernah digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presiden Jokowi, sementara Erick memimpin Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019. "Kepercayaan tersebut dibalas dengan hasil yang memuaskan," kata Ujang mengutip dari Antara, beberapa waktu lalu.

(Baca: Luhut & Sri Mulyani Disebut Tetap Menjabat, Airlangga Akan Jadi Menko)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement