Luhut & Sri Mulyani Disebut Tetap Menjabat, Airlangga Akan Jadi Menko

Image title
Oleh Tim Redaksi
20 Oktober 2019, 14:45
menteri, kabinet Jokowi-Ma'ruf,
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah menteri kabinet kerja bersiap mengikuti upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Luhut, Sri Mulyani dan Airlangga disebut tetap dipertahankan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencana akan mengumumkan kabinetnya setelah pelantikan dirinya bersama Ma'ruf Amin, Senin besok (21/10). Jokowi disebut akan mempertahankan beberapa menteri di kabinet kerja, di antaranya Sri Mulyani, Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, Sri Mulyani bakal tetap menempati kursi Menteri Keuangan. Sebenarnya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga berpeluang menempati jabatan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. "Tapi Sri lebih memilih jadi menteri keuangan," kata seorang sumber yang dekat dengan pemerintahan, akhir pekan ini. 

Sementara itu, Luhut akan tetap memangku jabatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Meski sebelumnya, dia sempat dikabarkan akan menempati posisi Menko Politik, Hukum, dan Keamanan, maupun Menko Perekonomian. "Luhut tetap Menko Maritim, tapi areanya akan ditambah investasi."

Luhut dan Sri Mulyani pada Selasa (15/10) lalu dipanggil Presiden Jokowi ke Istana dalam kesempatan berbeda. Luhut enggan menanggapi potensi dirinya kembali menjabat menteri. "Kalau saya jadi menteri masa' saya cerita ke kamu."

Sri Mulyani pun tak menanggapi mengenai kemungkinan dirinya kembali menjabat sebagai menteri. "Enggak," kata Sri.

Beberapa menteri lain yang dikabarkan akan bertahan di dalam kabinet jilid II Jokowi adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menteri lain yang disebut-sebut akan dipertahankan adalah Sofyan Djalil, meski belum jelas apakah akan menempati jabatannya sebelumnya Menteri Agraria, Tata Ruang, dan Kehutanan, atau di pos yang baru. Adapun, Menteri BUMN Rini Soemarno disebut-sebut tidak akan bertahan lagi di kabinet baru.

Di sisi lain, beberapa menteri dari partai politik juga berpeluang bertahan. Yang paling besar peluangnya adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Selain kursi sebelumnya di Menteri Perindustrian, Airlangga juga ditimang-timang menempati pos Menteri Koordinator Perekonomian.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...